Senin, Maret 29, 2021

Cara Membuat Kuku Bersih, Terlindungi dari Kuman


Kuku yang bersih dan sehat dapat mencegah dan melindungi diri dari berbagai penyakit, termasuk Covid-19. Anda bisa melakukan sejumlah cara membuat kuku bersih dan sehat.
Kesehatan dan kebersihan kuku menjadi kunci terhindar dari berbagai virus dan bakteri yang dapat berkembang biak di sela-sela kuku.

Berikut cara membuat kuku bersih dan sehat di masa pandemi.


1. Bersihkan kuku dengan sabun

Cuci dan bersihkan kuku dengan sabun dan air mengalir. Pastikan air dan sabun mengenai seluruh bagian kuku, termasuk di bagian bawah kuku. Pastikan kesepuluh kuku sudah bersih.

2. Keringkan kuku

Setelah mencuci kuku, keringkan kuku menggunakan tisu atau handuk. Kuku yang lembap justru membuat bakteri dan virus semakin senang berkembang biak.

3. Pastikan kuku dalam keadaan pendek

Potong kuku selalu dalam keadaan pendek. Kuku yang panjang membuat bakteri semakin betah bersarang. Kuku yang panjang, termasuk kuku kaki, dapat meningkatkan risiko cedera.

4. Jangan menggigit kuku

Jangan menggigit kuku dan juga menghilangkan kutikula atau lapisan kulit yang berada di pangkal kuku. Dikutip dari American Academy of Dermatology Association, kutikula bermanfaat melindungi kuku dari bakteri.
Menggigit kuku juga meningkatkan risiko perpindahan virus dan bakteri dari kuku ke dalam tubuh.

5. Periksa ke dokter

Segera periksakan ke dokter jika terdapat perubahan yang tak biasa pada kuku. Misalnya saat kuku tiba-tiba menguning, bengkak, dan nyeri. Kondisi kuku dapat menjadi pertanda penyakit seperti diabetes, hepatitis, dan sirkulasi darah yang buruk.


Sumber: https://cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210305151616-255-614236/5-cara-membuat-kuku-bersih-terlindungi-dari-kuman





0 Comments:

Posting Komentar