Selasa, Desember 08, 2020

Daftar Makanan Mencegah Batuk dan Pilek di Musim Hujan


Hujan dan angin kencang yang melanda berbagai tempat di Indonesia sangat rentan memicu penyakit seperti batuk dan pilek. Konsumsi beberapa makanan yang bisa mencegah batuk dan pilek di saat cuaca yang kurang baik ini.

Nyatanya, beberapa makanan memiliki manfaat lebih dari sekadar memasok tenaga. Makanan memounyai efek yang kuat untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Selain itu juga, beberapa makanan juga diketahui bisa meredakan gejala-gejala tertentu pada saat tubuh terserang penyakit.

Berikut ini  beberapa makanan yang bisa mencegah penyakit batuk dan pilek, mengutip dari berbagai sumber.

1. Bawang putih

Bawang putih di ketahui memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Seperti dikutip Healthline, sejumlah studi mendapatkan khasiat yang positif dari bawang putih terhadap penyakit pilek. Studi ini juga menemukan, orang yang mengkonsumsi bawang putih lebih jarang sakit dan pada umumnya sembuh lebih cepat saat terserang penyakit.

Selain itu juga, beberapa penelitian menemukan, suplemen ekstrak bawang putih dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan tingkat keparahan batuk dan pilek.

2. Madu

Madu mempunyai khasiat antibakteri yang kuat. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa madu dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian sudah menunjukkan, bahwa madu dapat menghambat gejala batuk pada anak. Akan tetapi, madu tidak boleh diberikan pada anak di bawah umur 12 bulan.

3. Yogurt

Beberapa yogurt memiliki probiotik yang bermanfaat. Bukti menunjukkan bahwa kandungan dari probiotik dapat membantu anak dan orang dewasa lebih jarang terkena penyakit pilek dan sembuh lebih cepat pada saat terserang penyakit dan mengonsumsi lebih sedikit obat antibiotik.

Selain itu juga yogurt  kaya akan kalsium, vitamin, dan mineral lainnya yang diperlukan tubuh.

4. Alpukat

Alpukat adalah buah yang rendah karbohidrat tapi tinggi lemak sehat. Alpukat juga adalah  sumber dari serat, vitamin, dan mineral baik yang membuatnya menjadi salah satu pilihan makanan untuk mencegah batuk dan pilek.

Kandungan lemak sehat yang dimiliki membuat alpukat ampuh mengurangi dan menghalang peradangan sekaligus berperan penting dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

5. Jeruk

Bukan rahasia umum lagi, konsumsi vitamin C dapat membantu Anda mencegah pilek. Mengutip dari WebMD, buah-buahan kedalam jenis sitrus seperti jeruk dan lemon menjadikan sumber terbaik vitamin C. Konsumsi jeruk dan lemon akan membuat Anda terhindar dari penyakit seperti batuk dan pilek.

6. Teh

Teh menghasilkan banyak akan kandungan polifenol, antioksidan yang dikenal juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Polifenol juga berperan penting dalam melawan peradangan.

Tanin ialah salah satu jenis dari polifenol yang terkandung dalam teh. Selain itu juga sebagai antioksidan, tanin juga mempunyai sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur.

7. Kunyit

Curcumin adalah senyawa alami dalam kunyit yang merupakan senyawa anti-inflamasi yang manjur. Curcumin sudah terbukti meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh dan meningkatkan respons antibodi.

9. Jus delima

Jus delima adalah salah satu minuman yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui kegiatan antimikroba dan antiinflamasi-nya. Antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam jus delima ini sudah terbukti dapat memerangi virus dan mengurangi durasi masuk angin.

10. Sayuran hijau

Sayuran hijau menyediakan berbagai senyawa antioksidan dan antiinflamasi, juga sejumlah nutrisi utama yang dikenal dapat membantu fungsi kekebalan, termasuk vitamin A, C, dan folat. Sayuran hijau juga mempunyai senyawa bioaktif yang dapat memberikan sinyal kimiawi untuk mengoptimalkan sistem kekebalan di usus.

Konsumsi makanan dan minuman di atas adalah untuk mencegah datangnya batuk dan pilek di tengah cuaca buruk ini.


0 Comments:

Posting Komentar