Jumat, November 06, 2020

Sudah Tau 8 Manfaat Terong untuk Kesehatan? Nomor 3 Beneran Bikin Takjub!

Manfaat Terong untuk Kesehatan

Terong termasuk jenis makanan lezat yang sering terhidang di atas meja makan sebagai menu santap siang bersama keluarga. Banyak orang menyukai makanan ini akan tetapi mungkin belum mengetahui manfaat terong untuk kesehatan.

Terong mengandung zat antioksidan seperti klorogenat dan nasunin. Makanan ini juga kaya vitamin dan mineral seperti vitamin A, E, B, K, zat besi, sodium, kalsium, fosfor, dan mangan. Manfaat terong bisa didapatkan dengan mengonsumsinya sebagai lalapan mentah atau mengukusnya. Berikut adalah manfaat terong yang bisa Anda simak.

Ini Manfaat Terong untuk Kesehatan yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Manfaat terong untuk kesehatan ternyata sangat banyak. Terong dapat mencegah Anda dari penyakit berbahaya dan mematikan bila dikonsumsi dengan benar. Berikut beberapa manfaat terong yang dapat dijelaskan.

1. Menjaga Kesehatan Otak

Terong mengandung antioksidan nasunin yang dapat menjaga kesehatan otak. Nasunin melindungi lipid yang ada di dalam mebran otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat mencegah peradangan sel saraf dan membantu melancarkan aliran darah ke otak.

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat terong untuk kesehatan adalah dapat mengendalikan kadar gula di dalam darah. Terong mengandung antioksidan polifenol yang membantu mengurangi penyerapan zat gula oleh tubuh. Polifenol mampu meningkatkan sekresi insulin sehingga dapat mengendalikan kadar gula di dalam tubuh dengan baik. 

Terong adalah makanan yang mengandung serat tinggi. Kandungan serat yang tinggi dapat menghambat pemecahan dan penyerapan gula di dalam tubuh. Hal ini akhirnya akan menyebabkan gula darah dapat terkontrol,

3. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Terong adalah makanan tinggi serat namun rendah kalori yang sangat cocok dijadikan sebagai menu diet. Serat yang terkandung di dalam terong sulit dicerna di dalam tubuh, hal ini menyebabkan perut cepat terasa kenyang. Nafsu makanpun akan berkurang sehingga Anda tidak memiliki keinginan untuk makan dengan porsi yang besar.

4. Mengendalikan Kolesterol

Rutin mengonsumsi terong dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol. Terong kaya akan senyawa asam klorogenat yang terbukti mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh. Terong sama sekali tidak mengandung kolesterol sehingga aman dikonsumsi orang yang ingin menjaga keseimbangan kadar kolesterolnya.

5. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Menjaga kesehatan jantung adalah salah satu manfaat terong untuk kesehatan. Terong ungu mengandung serat, kalium, vitamin C, B6, dan fitonutrien yang sangat bermanfaat bagi jantung Anda.

Terong mengandung flavonoid antosianin yang ampuh melindungi jantung. Zat ini juga mampu menurunkan tekanan darah. Anda yang memiliki risiko penyakit jantung dan hipertensi sebaiknya mulai mengonsumsi terong ini secara rutin untuk mendapatkan manfaat antosianin tersebut.

6. Mencegah Anemia

Terong hijau kaya akan zat besi yang membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Kekurangan zat besi di dalam tubuh akan menyebabkan produksi sel darah merah berkurang sehingga menyebabkan anemia.

7. Bagus untuk Tulang

Jarang yang mengetahui kalau terong ungu sangat baik dikonsumsi oleh orang yang berisiko mengalami osteoporosis (pengapuran tulang). Terong ungu mengandung senyawa fenolik yang dipercaya mampu menguatkan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang. Terong ungu juga mengandung dua senyawa yang baik untuk kesehatan tulang, yaitu kalsium dan zat besi.

8. Baik untuk Janin

Terong ungu mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Mengonsumsi terong ungu sangat baik sebagai asupan asam folat dan membantu mencegah cacat lahir pada bayi. 

Demikianlah 8 manfaat terong untuk kesehatan. Selain memiliki manfaat, terong juga memiliki sejumlah kerugian jika dikonsumsi secara berlebihan. Terong dipercaya mampu mengganggu penyerapan zat besi, berpotensi menimbulkan batu ginjal, dan memicu inflamasi. Sebaiknya makanlah terong dalam porsi yang wajar dan hindari memasak dengan cara menggoreng.

0 Comments:

Posting Komentar