Selasa, November 10, 2020

Sebelum Terlambat, Simak 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak Berikut ini!

Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak


Mata adalah indera utama yang digunakan anak untuk proses pembelajarannya. Mata digunakan untuk melihat, membedakan, mengenali, dan melakukan proses belajar lainnya. Kondisi mata harus optimal agar anak tidak mengalami kesulitan saat berproses, sehingga perkembangannya tidak terhambat. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata anak.   

Lakukan Hal Berikut untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak

Sebagai salah satu organ penting, mata harus diperhatikan kesehatannya. Simak ulasan berikut untuk mengetahui cara merawat mata anak dengan benar.

1. Biasakan Anak mengonsumsi Makanan Sehat

Berikan anak makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi untuk menjaga kesehatan mata. Biasakan anak mengonsumsi sayur-sayuran hijau, buah-buahan serta makanan tinggi nutrisi seperti ikan salmon, tuna, telur, dan kacang-kacangan. 

Semua makanan sehat ini mengandung antioksidan beta karoten, vitamin A, C, E, zinc, selenium, lutein, dan asam lemak omega-3. Nutrisi ini dapat menjaga penglihatan anak agar terang dan sehat.

2. Jauhkan dari Bahan Kimia

Hindarkan mata anak dari bahan kimia berbahaya sebagai langkah menjaga kesehatan mata. Awasi saat mandi karena sabun dan sampo yang masuk ke dalam mata dapat mencederai matanya. Jauhkan anak dari penggunaan kosmetik wajah, hair spray, dan kosmetik lain untuk menghindari mata mengalami iritasi akibat bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetik dan hair spray tersebut.

Saat mengajak anak berenang di kolam renang, selalu lengkapi mereka dengan kacamata renang yang tepat. Kacamata renang yang benar harus kedap air sehingga dapat melindungi mata anak dari air kolam yang mengandung kaporit.

3. Lindungi dari Terik Matahari

Saat mengajak anak melakukan aktivitas di luar ruangan, lindungi mata anak dari debu dan sinar matahari. Debu dan sinar matahari dapat menjadi bahaya karena mencederai kornea mata. Pakaikan topi dan kacamata hitam untuk melindungi matanya saat bemain di luar ruangan.

4. Ajak Anak Bermain di Luar

Mengajak anak bemain di luar ruangan adalah cara menjaga kesehatan mata mereka. Bermain di luar membuat anak terbiasa memandang jauh sehingga dapat mencegah mereka mengalami rabun dekat atau miopi.

5. Selalu Ingatkan Anak untuk Menjaga Jarak Pandang

Menonton televisi dan membaca buku yang terlalu dekat adalah kebiasaan yang dapat menyebabkan penurunan ketajaman penglihatan pada anak. Ingatkan mereka untuk selalu menjaga jarak pandang saat membaca atau menonton televisi. 

Jarak pandang yang ideal antara mata dan buku sekurang-kurangnya adalah 30 sentimeter. Saat sedang menonton televisi, aturlah jarak duduk anak agar sejauh minimal lima kali lebar diagonal televisi.

6. Hindarkan Anak dari Kebiasaan yang Merusak Mata

Jauhkan aktivitas anak dari kebiasaan yang dapat merusak mata. Beberapa aktivitas tersebut misalnya membaca sambil tidur dan membaca di bawah cahaya yang kurang terang. Berikan penerangan yang cukup pada tempat belajar anak agar dia dapat membaca dengan nyaman.

Batasi penggunaan gadget karena dapat menyebabkan mata lelah dan radiasinya dapat merusak mata. Anda harus menerapkan waktu tertentu kapan anak bisa menggunakan gadget dan berapa lama waktunya. 

Peringatkan anak untuk tidak mengucek-ngucek mata bila terasa gatal karena hal ini dapat menimbulkan iritasi. Bilaslah mata dengan air mineral atau air matang bila merasa seperti ada butiran pasir di matanya. Apabila matanya merah dan terasa perih, segera bawa ke dokter.

7. Periksa Mata Secara Rutin

Bawa anak ke dokter spesialis mata minimal dua tahun sekali. Anak perlu diperiksa secara rutin untuk mendeteksi seandainya terdapat masalah pada matanya. Deteksi dini terhadap permasalahan mata sangat penting agar pengobatan dapat dilakukan secara secara optimal. 

Demikianlah cara menjaga kesehatan mata pada anak yang bisa Anda lakukan. Apabila Anda menemukan gangguan pada mata anak, jangan tunggu terlalu lama sebelum memutuskan untuk memeriksakannya ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Comments:

Posting Komentar