Rabu, November 25, 2020

7 Ramuan Untuk Obati Gatal-gatal Yang Bisa Kamu Coba

ramuan untuk obati gatal-gatal


Gatal-gatal di permukaan kulit sangat mengganggu bahkan kadang bisa terasa menyakitkan. Ada beberapa faktor penyebab gatal pada kulit, salah satunya karena reaksi alergi. Untuk meredakan rasa gatal, biasanya seseorang menggaruknya, tapi bila tidak hati-hati akan menimbulkan masalah baru seperti luka pada kulit. Cobalah, menggunakan ramuan untuk obati gatal-gatal dari bahan yang tersedia dirumah.

Beberapa Bahan Ramuan Untuk Obati Gatal-gatal Yang Tersedia Di Rumah

Saat mengalami gatal ringan, jangan buru-buru membeli obat atau krim. Kamu bisa melakukan pertolongan pertama dengan memanfaatkan bahan yang ada di rumah untuk di buat ramuan sebagai obat gatal-gatal. Selain lebih aman, ramuan tersebut juga tak kalah efektif dibanding obat-obatan medis. Nah, bahan apa saja sih yang bisa kamu gunakan?

1. Oatmeal

Oatmeal sudah di percaya sejak lama mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti eksim, luka bakar dan gatal-gatal. Untuk menghilangkan gatal-gatal, kamu bisa mengaplikasikan oatmeal secara langsung pada bagian kulit yang ruam dan gatal. Atau, bisa juga dengan mencampurkan secangkir oatmeal ke dalam bak mandi dan gunakan untuk berendam selama 30 menit.

2. Minyak Kelapa

Selain Oatmeal, minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai ramuan untuk obati gatal-gatal. Minyak kelapa yang bersifat antiseptik dan anti-inflamasi terbukti ampuh mengatasi masalah kulit. Selain mengatasi peradangan akibat alergi, minyak kelapa juga bisa menghilangkan rasa sakit akibat peradangan tersebut. Caranya, oleskan minyak kelapa pada bagian yang sakit secukupnya.

2. Minyak Nabati

Sama halnya dengan minyak kelapa, minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak jojoba dan chamomile juga bisa membantu meredakan gatal-gatal. Meski, memiliki keunggulan yang berbeda-beda pada dasarnya semuanya bermanfaat untuk menenangkan kulit. Kamu bisa mengoleskan salah satunya pada kulit yang ruam dan gatal. 

3. Cuka Apel

Cuka apel memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah untuk mengobati gatal-gatal. Sifat antimikroba yang dimilikinya di percaya mampu mengatasi gatal-gatal, terutama gatal pada kulit kepala. Namun, jika gatal pada permukaan kulit sudah menimbulkan luka, tidak dianjurkan untuk menggunakan cuka apel. Teteskan cuka apel pada kapas dan taruh pada kulit yang ruam. 

4. Soda Kue

Soda kue merupakan salah satu bahan dapur yang bisa dimanfaatkan sebagai ramuan untuk obati gatal-gatal pada permukaan kulit. Pasalnya soda kue bisa menarik racun ke permukaan, menenangkan kulit dan menjaga pH kulit tetap seimbang. Cara mengaplikasikannya sama seperti oatmeal bisa digunakan untuk berendam, atau bisa di campur air dan di oles pada bagian kulit gatal.

5. Timun

Sudah tidak asing lagi, timun banyak dipakai sebagai bahan untuk merawat kesehatan kulit. Timun juga bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal-gatal karena memiliki senyawa yang bersifat menyegarkan dan menyejukkan. Untuk meredakan gatal, aplikasikan parutan timun pada kulit yang gatal atau ruam.

6. Sari Lemon

Sama halnya dengan timun, lemon juga sangat dikenal di dunia kecantikan kulit. Kemampuan sari lemon untuk menyerap minyak berlebih tidak hanya bermanfaat untuk kulit wajah. Namun, bisa juga untuk meredakan gatal dengan menyerap racun yang berbentuk minyak yang menjadi salah satu penyebab gatal pada kulit. Cukup oleskan sari lemon pada bagian kulit yang gatal dan ruam.

7. Lidah Buaya

Selain isi rumah, kamu juga bisa memanfaatkan tanaman lidah buaya yang ada di halaman rumah sebagai ramuan untuk obati gatal-gatal. Dengan mengoleskan gel bening dari tanaman lidah buaya, dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit. Selain itu lidah buaya juga membantu menjaga kelembapan kulit dan memiliki efek antiperadangan.

Demikian beberapa bahan ramuan untuk obati gatal-gatal yang bisa kamu coba di rumah. Bahan-bahan tersebut umumnya aman digunakan. Namun, apabila setelah pemakaian ramuan tersebut gatal-gatal pada kulit tidak mereda, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


0 Comments:

Posting Komentar