Rabu, November 04, 2020

Penting Untuk GenZ! Cara Menjaga Kesehatan Mental Remaja

Cara Menjaga Kesehatan Mental Remaja

WHO menyatakan kesehatan mental mental health ialah suatu keadaan sejahtera pada tiap individu dapat mewujudkan potensi diri sendiri. Hal itu dapat diartikan bahwa seseorang bisa mengatasi tekanan kehidupan normal, produktif, dan bermanfaat. Lalu, bisa berkontribusi pada komunitas maupun lingkungan. 

Kesehatan mental merupakan suatu hal yang sifanya pribadi dan individu. Hal itu menentukan bagaimana individu bisa berhubungan dengan individu lain, menangani stres, dan membuat pilihan. Kesehatan mental ialah pola pikir seseorang mengenai cara berpikir, merasakan, dan bertindak. Kesehatan mental tidak sama dengan masalah kesehatan, seperti depresi, skizofrenia, gangguan kecemasan, dan lainnya.

Masalah kesehatan mental merupakan suatu rangkaian kondisi yang berdampak kepada kesehatan mental. Hal ini sebagai kondisi yang mengganggu suasana hati, perilaku, pemikiran, atau cara berinteraksi dengan orang lain. Keadaan ini bisa ringan, sedang, dan berat berdasarkan dampak yang ditunjukkan terhadap fungsi harian seseorang. Kesehatan mental akan stabil dengan dukungan dan perawatan. 

Kesehatan mental bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti genetika, psikologis, life style, pekerjaan, ekonomi, faktor sosial, budaya, politik, pendidikan, dan faktor lingkungan lainnya. Infeksi perinatal, stres, dan kombinasi faktor yang dialami masa kanak-kanak serta remaja dapat meningkatkan risiko timbulnya masalah kesehatan mental. 

Cara Menjaga Kesehatan Mental Untuk Para Gen Z

Kehidupan dan keadaan sekarang dapat berpengaruh pada kesehatan mental remaja. Kondisi yang mengarah pada kesehatan mental berupa stres dan depresi. Remaja mengalami gangguan kesehatan mental karena tidak kuat dengan tuntutan pekerjaan atau menjalani kehidupan. sehingga, memilih jalan pintas mengakhiri hidup. Berikut cara menjaga kesehatan mental pada remaja.

1. Menerima dan Menghargai Diri Sendiri

Mengenali kekurangan dan kelebihan diri sendiri tanpa membandingkan dengan orang lain. Tidak usah mendengarkan perkataan orang lain mengenai diri sendiri dengan tujuan membandingkan. Kadang memang mendengar perkataan orang lain akan memicu perasaan tidak enak.  Fokus pada kelebihan diri jauh lebih baik. 

2. Hubungan Sosial Terjaga

Remaja atau anak muda terkadang merasa tidak nyaman jika akan bercerita tentang permasalahan yang dihadapi. Permasalahan atau segala sesuatu yang dihadapi akan terasa ringan dan mudah bila diselesaikan bersama keluarga dan teman dekat.  Membangun dan menghargai hubungan sosial supaya saat mendapat masalah bisa minta bantuan. Hal itu membantu terjaganya kesehatan mental remaja

3. Melakukan Kegiatan Menyenangkan Secara Aktif

Mencari kegiatan yang menyenangkan dengan bergabung dengan komunitas, organisasi atau kelompok akan terasa lebih baik. ingat untuk bergabung dengan komunitas yang positif serta mendukung kegiatan positif juga. Situasi yang mendukung saat berada di komunitas akan berpengaruh baik pada mental. 

Bergabung organisasai untuk menjadi relawan dengan tujuan membantu orang lain juga bisa dilakukan. Hal itu, akan membuat remaja atau anak muda menjadi lebih percaya diri. Kepercayaan diri tumbuh karena merasa dirinya dibutuhkan orang lain, sehingga kesehatan mental diri pun terjaga. Bisa juga bergabung komunitas hobi untuk menyalurkan minat dan bakat yang selama ini tak tersalurkan. 

4. Menceritakan Keresahan Pada Orang yang Tepat

Berusaha untuk menceritakan segala perasaan maupun permasalahan kepada orang tua atau sahabat yang dipercayai. Pada awalnya, memang sulit untuk bercerita. Akan tetapi, menceritakan jauh lebih baik. Bercerita tentang semua hal yang dirasa kepada orang terpercaya akan melegakan dan kesehatan mental diri tetap terjaga. 

5. Aktif Melakukan Olahraga

Kegiatan olahraga yang dilakukan pada pagi maupun sore akan berpengaruh pada kesehatan mental. Bisa juga menjadi lebih rileks dan meredakan stres karena pada waktu olahraga tubuh mengeluarkan zat endorpine. Timbah dengan istrirahat cukup agar tubuh mendapat bagian untuk beristirahat. Tidak lupa untuk konsumsi makanan sehat dan bergizi. 

Menjaga kesehatan mental pada remaja penting dilakukan. Aplagi dengan keadaan/kondisi sekarang dengan tantangan yang lebih berat. Kehidupan yang semakin keras. Perlu dijaga mental diri remaja atau anak muda agar tidak mudah goyang menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan.

0 Comments:

Posting Komentar