Selasa, November 17, 2020

Kenali Manfaat Vaksin Flu dan Efek Sampingnya

Manfaat Vaksin Flu dan Efek Sampingnya


Influenza atau lebih dikenal sebagai flu merupakan suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit infeksi saluran nafas ini bisa menyerang siapa saja dan biasanya sembuh dengan sendirinya setelah masa inkubasi sekitar 2-4 hari. Namun, untuk kondisi tertentu vaksin flu tetap dibutuhkan. Lalu apa saja manfaat vaksin flu dan efek samping yang ditimbulkannya?

Manfaat Vaksin Flu dan Efek Sampingnya

Flu merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan bersin-bersin, demam, meriang, sakit kepala dan nyeri otot. Selain itu cairan lendir yang keluar dari hidung membuat kesulitan bernafas karena hidung tersumbat. Serangan flu biasanya datang pada saat pergantian musim atau perubahan cuaca, terutama yang ekstrim.

Meski mudah disembuhkan, namun flu bisa menimbulkan komplikasi serius bagi penderita penyakit kronis dan orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Oleh karena itu para ahli membuat vaksin untuk mencegah terjadinya hal tersebut. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Manfaat Vaksin Flu 

Manfaat vaksin flu adalah untuk mengurangi resiko pengidapan dan penularan virus influenza. Vaksin flu melindungi tubuh dengan cara memunculkan reaksi kekebalan tubuh dan mendorong tubuh mengeluarkan antibodi untuk melawan virus influenza.Pada kondisi tertentu seperti sedang hamil, akan lebih baik menggunakan vaksin untuk mengatasi influenza daripada menggunakan obat-abatan.

Vaksin flu mampu menurunkan angka komplikasi penyakit dan resiko kematian yang berhubungan dengan flu. Pemberian vaksin flu dilakukan setiap setahun sekali. Hal ini dikarenakan kekebalan tubuh kita menurun seiring berjalannya waktu dan harus diperbaharui. Selain itu virus influenza selalu bermutasi sehingga setiap tahun para ahli di bidang kedokteran perlu membuat vaksin baru.

Manfaat vaksin flu sangat dirasakan oleh lansia, anak-anak dan altet, karena mereka termasuk orang yang beresiko tinggi terjangkit flu. Anak-anak dan lansia dikatakan beresiko karena daya tahan tubuh mereka yang kadang lemah. Sedangkan atlet dianggap beresiko karena menggunakan peralatan olahraga yang sama dan sering berkumpul sehingga rawan tertular penyakit seperti flu. 

2. Efek Samping Vaksin Flu

Walaupun aman dan sangat disarankan serta manfaat vaksin flu sangat bagus, tapi pemberian vaksin flu juga menimbulkan beberapa efek samping. Kemerahan, pembengkakan dan rasa sakit pada area bekas suntikan adalah beberapa efek samping ringan yang diakibatkan vaksin flu.

Namun, ada sebagian orang yang mengalami demam, mual, muntah, sakit otot, sakit tenggorokan, jantung berdebar dan sulit bernafas. Jika terjadi efek samping yang serius seperti itu, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan. Karena ada beberapa orang yang tidak tahan terhadap vaksin tertentu termasuk vaksin flu.

Untuk itu sebelum melakukan vaksinasi sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Dan setiap orang yang akan divaksinasi harus besabar 10-15 menit untuk menunggu observasi yang dilakukan oleh petugas medis. Dari hasil observasi bisa di ketahui tubuh kita bisa menerima vaksin flu atau tidak. Ada beberapa orang yang tidak disarankan mendapat vaksin flu.

Beberapa di antaranya bayi di bawah usia 6 bulan dan orang yang mempunyai riwayat alergi vaksin. Orang yang alergi berat terhadap telur juga tidak disarankan diberi vaksin, karena vaksin flu mengandung telur. Jika sedang tidak enak badan juga disarankan untuk menunda vaksinasi sampai kondisi tubuh membaik dan dalam keadaan prima.

Setelah mengetahui manfaat vaksin flu dan efek sampingnya, bisa disimpulkan bahwa vaksin flu itu sangat penting. Terutama bagi anak-anak, lansia dan orang yang daya tahan tubuhnya lemah. Akan tetapi sebelum melakukan vaksinasi disarankan melakukan observasi, agar terhindar dari efek samping serius yang ditimbulkan oleh vaksin tersebut. Semoga bermanfaat.

0 Comments:

Posting Komentar