Senin, November 16, 2020

Inilah Penyebab Kembung Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Kembung Pada Anak


Kembung pada anak
kerap sekali terjadi karena beberapa hal. Perut kembung atau dalam istilah medis dikenal dengan kata flatulence ini, disebabkan karena terlalu banyak gas yang berada di dalam perut. Gas tersebut meliputi oksigen, karbondioksida, nitrogen, hidrogen ataupun sulfur. Cara masuk gas tersebut dapat terjadi ketika sedang makan atau memang karena ada bakteri di dalam perut.

Meskipun umum adanya, gas tersebut dapat menyebabkan kembung pada anak. Perut kembung memang normal terjadi, namun jika terlalu sering terjadi, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi gangguan pencernaan serius. 

Oleh karena itu, jangan anggap sepele jika terjadi kembung pada anak. Perut kembung dapa menyebabkan kondisi tidak nyaman sehingga anak menjadi rewel, bahkan nafsu makan pun berkurang, 

Untuk Mengatasi Kembung Pada Anak, Anda Bisa Lakukan Beberapa Tips Berikut

Rasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh perut kembung dapat membuat anak menjadi malas beraktifitas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat lakukan beberapa tips berikut:

1. Pastikan Anak Anda Makan Dalam Porsi Yang Pas

Dengan membuat jadwal makan yang teratur dan sesuai dengan porsinya makan akan menghidari gejala perut kembung. Jika biasanya anak Anda makan 3xsehari dalam jumlah yang banyak, maka ubahlah menjadi 4 atau 6xsehari dalam jumlah yang lebih sedikit. 

Makan dalam jumlah porsi yang banyak akan menyebabkan perut penuh, dan sirkulasi udara di dalam perut menjadi terganggu. Akibatnya anak akan merasa tidak nyaman karena perut kembung. 

2. Pastikan Mengunyah Makanan Sampai Halus

Dengan melakukan proses mengunyah makanan sampai halus di dalam mulut, akan mengurangi risiko kembung pada anak. Karena memang proses pencernaan dimulai ketika makanan masuk dalam mulut. Selain itu, Anda boleh membiasakan Anak untuk sendawa ketika telah selesai makan. Kegiatan ini bisa Anda lakukan dengan cara menepuk perlahan bagian pun anak hingga gas keluar. 

3. Hindari Mengkonsumsi Permen Karet

Ketika sang anak mengunyah permen karet, maka posisi mulut akan sering terbuka. Hal ini akan memicu banyaknya udara yang masuk ke dalam perut. Hingga akhirnya terjadi perut kembung pada anak.

4. Selalu Konsumsi Prebiotik

Seperti yang kita ketahui bahwa prebiotik dapat membantu mengurangi gejala perut kembung pada anak secara efektif. Prebiotik terkandung dalam yoghurt, sari kedelai dan jus. Meski demikian tetap lakukan konsultasi dengan dokter karena tidak semua jenis prebiotik mampu mengatasi perut kembung.

5. Hindari Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Banyak Gas Dan Pemanis Buatan

Kol, timun, brokoli, jagung, kentang merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung banyak gas. Meski menyehatkan dan mengandung kadar gizi yang baik, Anda tetap harus memerhatikan porsinya. Agar tidak terjadi kembung pada anak. 

Mengapa harus menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan,  seperti permen atau minuman bersoda?  Karena pemanis buatan yang terkadung dalam makanan tersebut dapat menyumbang lebih banyak gas pada usus, hingga akhirnya terjadi perut kembung pada anak.

6. Lakukan Kegiatan Olahraga Dan Pijat Secara Rutin

Tentu saja olahraga mampu mengurangi risiko perut kembung pada anak, karena dengan berolahraga 10 menit saja mampu mengurangi kadar gas dalam perut. Tak perlu olahraga ekstrim, cukup lakukan kegiatan berjalan kaki keliling rumah saja.

Selain melakukan kegiatan olahraga, kegiatan memijat perut pun mampu mengurangi gejala kembung pada anak. Cara pijat perut pada anak dapat Anda lakukan dengan memakai gerakan I Love U (ILU). Gerakannya yaitu dengan membentuk huruf I dari atas ke bawah, lalu lakukan gerakan menyerupai huruf L dari atas ke samping perut, lepas itu lakukan gerakan menyerupai huruf U.

Itulah tadi beberapa tips untuk mengatasi kembung pada anak.  Semoga artikel ini membantu Anda untuk mengatasi perut kembung pada anak. 

0 Comments:

Posting Komentar