Senin, November 02, 2020

Inilah 6 Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki Untuk Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki Untuk Kesehatan

Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas rutin jalan kaki pasti senang jika mengetahui manfaat luar biasa jalan kaki untuk kesehatan. Mulai saat ini jangan remehkan jalan kaki, meski hanya 30-60 menit tiap harinya. Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh tetapi juga pikiran Anda. Penasaran bukan, akan manfaat jalan kaki bagi kesehatan Anda? Mari simak lebih lanjut pada ulasan berikut. 

Budayakan Jalan Kaki Untuk Kesehatan 

Kesibukan sering kali menjadi alasan utama bagi sebagian besar orang untuk tidak melakukan olahraga. Meski mengetahui manfaat dari olahraga tetapi tetap saja rutinitas lain menjadi prioritas. Tidak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan olahraga seperti senam, lari, bersepeda dan sebagainya. Cukup dengan jalan kaki Anda sudah berolahraga. Masih heran ya, jalan kaki untuk kesehatan, kok bisa ya?

Ternyata jalan kaki termasuk olahraga aerobik. Jalan kaki dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan membuat peredaran darah berjalan dengan baik. Hal ini memberikan manfaat yang cukup signifikan untuk kesehatan secara keseluruhan. Untuk itu akukan dengan rutin dan rasakan manfaat jalan kaki untuk kesehatan Anda. Persiapan yang dilakukan hanya cukup tiga hal ini : 

1. Gunakan alas kaki yang nyaman

Meski jalan kaki adalah olahraga ringan dan minim sekali akan cidera, namun kenyamanan alas kaki perlu diperhatikan. Gunakan alas kaki yang pas dan dirasa nyaman, sehingga nyaman pula dalam melakukan olahraga ini. 

2. Gunakan pedometer / penghitung langkah 

Untuk menghitung langkah terkadang dibutuhkan pedometer atau bisa juga mengunduh aplikasi penghitung langkah dan jarak melalui ponsel Anda. Jika merasa sudah tahu mengenai perkiraan langkah, waktu dan jarak tentu alat ini tidak diperlukan. 

3. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Anda bisa melakukan pemanasan dengan mulai berjalan agak pelan atau santai, kemudian tingkatkan kecepatan secara bertahap. Begitu pula untuk melakukan pendinginan, cukup mengurangi kecepatan secara bertahap. Peregangan juga dapat dilakukan terutama pada daerah otot paha depan, paha belakang dan betis. Sekitar 15 menit juga sudah cukup. 

Inilah 6 Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan 

Tentu Anda semakin penasaran bukan, setelah tahu bahwa jalan kaki masuk dalam salah satu jenis olahraga. Kemudian dijelaskan sedikit persiapan yang diperlukan untuk melakukan jalan kaki. Nah, saatnya kita mengulas mengenai manfaat luar biasa dari jalan kaki untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Kegiatan sederhana tetapi memberikan manfaat yang sangat besar. 

1. Meningkatkan energi

Jalan kaki menambah kadar kortisol, epinefrin dan neopinefrin dalam tubuh, sehingga meningkatkan energi dan kekebalan tubuh. Sehingga meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu meningkatkan kualitas tidur, karena aktif berolahraga tidur menjadi nyenyak.  

2. Membakar kalori

Jalan kaki adalah olahraga membakar kalori. Jalan kaki dengan cepat dalam durasi lebih dari 30 menit dan jarak yang jauh maka kalori yang terbakar semakin besar. Ini membantu menurunkan berat badan dan resiko obesitas. 

3. Menurunkan tekanan darah kadar gula darah

Berjalan kaki dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Selain itu kadar gula dalam darah meningkat sesudah makan, untuk itu jalan kaki dapat membantu menurunkan kadar gula darah. 

4. Meningkatkan kemampuan berpikir 

Berjalan kaki rutin membuat pikiran segar, berpikir positif. Sehingga banyak pemikiran segar yang muncul. Rasa khawatir dan stres juga dapat diturunkan dengan berjalan kaki. Bagian otak yang bertugas mengatur suasana hati sangat terbantu dengan jalan kaki. 

5. Meningkatnya kebugaran fisik

Penampilan fisik dapat dipengaruhi dengan berjalan kaki. Otot dan sendi menjadi kuat menopang Anda berjalan dengan baik, sehingga fisik selalu menarik. Wajah berseri karena pikiran positif adalah sebuah tampilan kebugaran fisik. 

6. Mencegah datangnya penyakit 

Manfaat diatas berperan dalam mencegah datangnya penyakit ke dalam tubuh. Seperti obesitas, jantung, paru-paru, diabetes, tekanan darah, hidup lebih lama karena sehat, fisik kuat dan bugar, stres dan depresi. 

Masih menganggap remeh jalan kaki untuk kesehatan Anda? Jangan tunda sampai penyakit datang menghampiri Anda. Jagalah sehat sebelum datang masa sakit. Mencegah adalah tindakan yang bijak dan indikasi bahwa Anda sayang dan menghargai diri Anda. Lakukan secara rutin dengan cara yang mudah. Jika sudah rutin, maka akan menjadi kebiasaan dan kebutuhan sehari-hari Anda. Selamat mencoba ya. 

1 Comments: