Jumat, November 06, 2020

Inilah 5 Manfaat Vitamin E untuk Kulit Sehat Alami

Manfaat Vitamin E untuk Kulit Sehat Alami

Vitamin E memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk kesehatan kulit. Fungsi utama vitamin ini adalah sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Sebagaimana diketahui, radikal bebas dapat mengakibatkan kerusakan sel. Jadi, asupan vitamin ini dalam jumlah yang cukup dapat menjaga kesehatan kulit.

Manfaat Vitamin E Bagi Kulit

Sebagai bagian terluar dari tubuh, kulit sangat rentan paparan polusi dan radikal bebas yang dapat merusaknya. Oleh sebab itu, perawatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatannya perlu diperhatikan. Salah satunya adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin harian. Berikut ini adalah manfaat vitamin E bagi kulit.

1. Melembutkan dan Melembapkan 

Vitamin yang sangat baik bagi kulit ini memiliki manfaat dalam menjaga dan meningkatkan kelembapannya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan vitamin ini dalam Mencegah terjadinya penguapan yang berlebihan pada kulit. Gunakan skin care yang memiliki kandungan vitamin ini, atau dapat juga dengan memenuhi kebutuhannya melalui asupan makanan bernutrisi.

2. Menangkal Radikal Bebas

Senyawa radikal bebas memiliki efek destruktif pada kulit. Radikal bebas dapat merusak membran sel dan protein kulit. Pada dasarnya, radikal bebas tidak hanya ditemui di luar tubuh. Senyawa ini juga dapat terbentuk di dalam tubuh. Untuk mengatasinya dapat dengan mencukupi asupan Vitamin E yang mampu mengikat dan memecah rantai radikal bebas.

3. Melindungi Terhadap Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari memiliki radiasi gelombang elektromagnetik yang dikenal dengan sinar ultraviolet. Sebenarnya, sinar ultraviolet memiliki manfaat sebagai penyuplai Vitamin D yang diperlukan tubuh. Namun, Terdapat juga efek buruk dari sinar UV ini. Jika terlalu lama terpapar sinar ultraviolet, kulit akan mengalami dampak buruk yang dapat merusaknya.

Ada beberapa dampak buruk yang diakibatkan oleh paparan sinar UV secara berlebihan. Beberapa di antaranya adalah kulit menjadi dehidrasi, timbulnya efek terbakar pada kulit. Selain itu, sinar UV juga dapat menyebabkan kanker kulit. Untuk mengatasinya, dapat dengan mencukupi kebutuhan Vitamin C dan E harian. Gunakan sunscreen yang memiliki kandungan vitamin ini, agar kulit terjaga dari efek buruk sinar UV.

4. Baik Bagi Kulit Bibir

Vitamin ini juga memiliki efek melebabkan dan mengembalikan elastisitas kulit bibir. Hal ini menyebabkan kulit bibir menjadi lentur dan kenyal. Pada kulit bibir yang pecah-pecah, sering terjadi nyeri. Mengoleskan minyak vitamin ini dapat membantu kulit bibir menjadi nyaman, tidak terasa nyeri, dan kondisi pecah-pecah dapat teratasi.

5. Membantu Mengatasi Stretch Mark

Stretch mark adalah kondisi kulit yang mengalami guratan-guratan panjang, berbentuk seperti nadi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh terjadinya peregangan yang berlebihan dan secara tiba-tiba pada kulit. Umumnya kondisi ini terjadi pada orang dengan obesitas dan pada masa kehamilan. Cara mengatasinya dapat dengan mengoleskan minyak vitamin E. minyak vitamin ini dapat mengembalikan elastisitas kulit, sehingga dapat menyamarkan garis stretch mark.

Cara Memperoleh asupan vitamin E

Vitamin ini dapat diperoleh melalui dua cara, yaitu dengan konsumsi makanan. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin ini. Di antaranya adalah aneka sayuran hijau, misalnya bayam dan brokoli. Selain itu, makanan dalam kelompok kacang-kacangan juga memiliki kandungan vitamin yang baik bagi kulit ini. 

Selain itu, Vitamin ini juga bisa didapat melalui konsumsi suplemen. Ada beberapa suplemen yang beredar di pasaran untuk membantu memenuhi kebutuhan hariannya. Akan Tetapi, perhatikan agar tidak mengonsumsi suplemen secara berlebihan. Pada dasarnya, kebutuhan akan vitamin yang mengandung antioksidan ini dapat dipenuhi melalui konsumsi makanan yang tepat.

Kelebihan vitamin ini dapat mengakibatkan beberapa efek yang mengganggu tubuh. Di antaranya adalah mual, nyeri perut, diare, dan ruam pada kulit. Jadi sebaiknya, hindari konsumsi suplemen secara berlebihan.

Itulah tadi manfaat Vitamin E bagi kesehatan kulit. Melihat banyaknya manfaat yang bisa diperoleh, sebaiknya memperhatikan jumlah asupan harian yang diperlukan tubuh. Perhatikan agar jumlahnya tidak melebihi kebutuhan harian, yaitu 15-19 mg bagi orang dewasa.

0 Comments:

Posting Komentar