Selasa, November 03, 2020

Gak Perlu Kelaparan, Begini Seharusnya Cara Menurunkan Berat Badan dalam 7 Hari!

Cara Menurunkan Berat Badan dalam 7 Hari

Semua wanita pasti menghendaki tubuh yang langsing dan berat badan yang ideal. Sayangnya, kaum wanita sering melakukan cara menurunkan berat badan dengan metode yang tidak tepat. Membiarkan perut kelaparan seharian adalah cara yang sering mereka pilih dengan anggapan dapat membuat berat badan turun lebih cepat.

Menahan lapar seharian menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi penting sebagai sumber energi dan nutrisi yang berguna untuk aktifitas organ di dalam tubuh. Bila dilakukan dalam jangka waktu panjang akan berpengaruh buruk bagi kesehatan. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dalam 7 hari dengan cepat dan aman, silahkan simak cara alami berikut ini.

Cara Menurunkan Berat Badan dalam 7 Hari Tanpa Lapar 

Melakukan diet yang sembrono justru dapat menyebabkan berat badan Anda meningkat drastis, ditambah lagi tubuh menjadi gampang sakit. Menurut para ahli diet, yang utama dilakukan dalam cara menurunkan berat badan adalah membentuk kebiasaan makan yang baik dan sehat.

1. Menjaga Kalori yang Masuk 

Banyak yang melakukan diet dengan menghindari asupan kalori, padahal kalori adalah zat penting yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Sebenarnya yang perlu dilakukan adalah menjaga agar kalori yang dkonsumsi berasal dari sumber makanan yang sehat dan padat nutrisi.

Pilihlah asupan yang selain mengandung kalori sehat, tapi juga mengandung serat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Nutrisi yang lengkap sangat diperlukan tubuh agar dapat bekerja secara optimal. Makanan kaya nutrisi juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga menghindari kebiasan ngemil di luar waktu makan.

2. Konsumsi Sayur Setiap Hari 

Mengonsumsi sayur adalah cara menurunkan berat badan alami yang paling populer. Sayur-sayuran adalah bahan makanan rendah kalori yang mengandung serat tinggi. Serat pada sayur sangat baik untuk menjaga alat pencernaan karena dapat melancarkan proses buang air besar.

Serat yang tedapat di dalam sayuran lambat dicerna oleh tubuh. Kondisi ini sangat menguntungkan bagi Anda yang melakukan program diet karena membuat perut cepat terasa kenyang dan rasa kenyangnya bertahan lebih lama. Mengonsumsi sayur di saat makan sangat baik untuk menghindari rasa lapar sebelum jam makan berikutnya.

Konsumsilah sayur dalam bentuk segar, dikukus, atau yang telah direbus tanpa tambahan penyedap. Jangan beranggapan, asalkan makan sayur, maka Anda bisa mengonsumsi keripik bayam atau makan gorengan yang berisi sayuran. Makanan ini justru mengandung kalori dan lemak yang sangat tinggi karena menggunakan campuran tepung, garam, dan minyak saat mengolahnya.

3. Jangan Lupakan Buah 

Akan halnya sayur, buah juga merupakan makanan wajib dalam cara menurunkan berat badan alami. Buah mengandung serat tinggi yang baik untuk program diet. Kandungan vitamin dan mineralnya sangat diperlukan untuk proses metabolisme di dalam tubuh. Buah mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Kebanyakan orang memilih mengonsumsi jus buah ketimbang menikmatinya dalam bentuk potongan. Alasannya, minum jus buah lebih praktis karena tidak perlu mengunyah dan rasanya lebih nikmat. Padahal menurut ahli gizi, mengonsumsi buah dengan cara mengunyah lebih baik daripada dijus.

Saat buah dikunyah, zat-zat yang terkandung di dalam buah, termasuk zat gula, akan dipecah secara bertahap oleh enzim pencernaan. Kelenjar ludah dan enzim di mulut akan memecah karbohidrat pada buah sehingga buah akan lebih mudah dicerna saat masuk ke saluran pencernaan. Pemecahan yang bertahap ini menjadikan gula lebih lama diserap dan tidak cepat berubah menjadi gula darah.

Apabila minum jus buah, maka semua zat akan mudah masuk ke dalam sistem pencernaan dan tubuh akan menyerapnya dengan cepat. Meski kandungan gula di dalam buah termasuk rendah, namun hal ini dapat memicu lonjakan gula darah. Naiknya gula darah dapat membuat kadar lemak meningkat sehingga menambah timbunan lemak di dalam tubuh.

Demikianlah cara menurunkan berat badan secara alami yang dapat dilakukan. Sebaiknya hindari gula dan lemak tidak sehat untuk keberhasilan diet Anda. 

0 Comments:

Posting Komentar