Kamis, November 12, 2020

BUMIL Wajib Tahu! Inilah 5 Tips Olahraga Saat Hamil

Tips Olahraga Saat Hamil

Olahraga sangat diperlukan oleh ibu hamil karena tubuh butuh bergerak untuk memaksimalkan fungsinya. Sehingga berpengaruh pada kesehatan fisik dan pikiran yang sangat bermanfaat bagi ibu saat hamil. Banyaknya manfaat yang dihasilkan dari olahraga maka para ahli di bidang kesehatan menganjurkan ibu hamil untuk melakukannya setiap hari. Namun ada tips olahraga saat hamil yang perlu diperhatikan. 

Tips Olahraga Saat Hamil, Penting Diketahui

Olahraga bagi ibu hamil tidak hanya penting bagi dirinya, tetapi bagi janin yang ada dalam kandungannya. Perubahan fisik ibu hamil bukan menjadi penghalang untuk melakukan olahraga. Mengingat manfaat olahraga sangatlah rugi jika ditinggalkan. Perlu untuk diketahui bahwa tidak semua jenis olahraga dapat dan boleh dilakukan oleh ibu hamil. Oleh karena itu ibu hamil disarankan untuk melakukan tips olahraga saat hamil, sebagai berikut :

1. Pilih olahraga yang aman 

Olahraga yang aman adalah olahraga yang tidak membahayakan ibu dan janin. Sehingga tidak semua olahraga dapat dilakukan saat ibu sedang hamil. Seperti olahraga lari sangat tidak dianjurkan dan juga senam dengan gerakan fisik yang cepat. Olahraga semacam itu memiliki resiko janin keluar tidak pada usia yang seharusnya, atau biasa disebut dengan keguguran. Tentu bukan ini yang diharapkan oleh ibu hamil. 

2. Lakukan secara rutin

Lakukan olahraga secara rutin untuk senantiasa menjaga kesehatan fisik dan pikirian ibu saat hamil. Hal ini penting dalam membawa pengaruh yang positif pada masa kehamilan. Janin dalam kandungan juga merakan pengaruh yang luar biasa positif. Ini salah satu tips olahraga saat hamil yang penting diterapkan. 

3. Jaga kecukupan air saat olahraga 

Saat olahraga ibu hamil dianjurkan untuk menjaga kecukupan air, untuk menghindari dehidrasi. Sekali lagi dampak tidak hanya untuk ibu tetapi juga janin yang dikandungnya. Dehidrasi memicu kekurangan cairan dan oksigen dalam darah, tentu sangat berbahaya. 

Jenis Olahraga Aman, Tips Olahraga Saat Hamil

Berdasarkan informasi sebelumnya mengenai pemilihan olahraga bagi ibu hamil, yaitu olahraga yang aman. Berikut adalah olahraga yang mendukung tips olahraga saat hamil. Sebelumnya ibu hamil juga perlu melakukan konsultasi dengan dokter kandungan mengenai olahraga apa yang cocok karena kondisi kehamilan setiap orang berbeda. Olahraga yang aman diberikan pada halaman ini adalah untuk kehamilan dengan kondisi normal. 

1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga jenis aerobik yang sangat ringan namun memberikan manfaat yang luar biasa terutama bagi ibu hamil. Lakukan olahraga jalan kaki ini dengan santai, karena jalan kaki membantu peredaran darah dalam tubuh. Hindari jalan kaki yang membuat ibu kelelahan seperti terlalu jauh berjalan, medan yang tidak bagus untuk dilalui seperti menanjak. Lakukan pada pagi hari dan bawalah air untuk menjaga kecukupan air.

2. Renang 

Olahraga renang juga cukup mudah dilakukan oleh ibu hamil. Ibu tidak akan merasa ini adalah olahraga yang berat karena massa tubuh ibu dalam air berkurang. Olahraga ini memberi manfaat untuk mengatasi masalah panggul, bengkak pada kaki dan mual. Yang perlu diperhatikan adalah gaya yang digunakan, dada dan punggung cukup aman. 

3. Yoga

Yoga yang dimaksud adalah khusus bagi ibu hamil. Untuk melatih pernafasan, kelenturan tubuh dan persiapan pinggul dalam proses persalinan kelak. Membuat pikiran ibu hamil rileks, tenang, dan dapat membantu istirahat berkualitas. 

4. Senam hamil

Dalam senam hamil terdapat gerakan yang diperlukan ibu hamil, terutama pada akhir menjelang persalinan. Senam hamil diharapkan dapat membantu persalinan ibu berjalan dengan normal dan lancar. Konsultasikan dengan dokter dan biasanya senam hamil disediakan pada rumah sakit yang melayani pemeriksaan kandungan. 

Konsultasikan selalu kondisi kehamilan secara rutin. Lakukan tips olahraga saat hamil sesuai anjuran dokter yang mengetahui secara persis kondisi Anda. Berbagai referensi mengenai tips olahraga belum tentu sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kehamilan Anda. Catatan penting dalam pembahasan ini adalah olahraga bagi ibu hamil adalah sebuah kebutuhan. 

0 Comments:

Posting Komentar