Minggu, November 08, 2020

6 Kebiasaan yang Baik Dalam Menjaga Kesehatan Jantung

cara menjaga jantung agar tetap sehat

Menjaga kesehatan jantung sangat penting dilakukan sejak dini. Siapa bilang memerhatikan kesehatan jantung hanya untuk orang tua? Meskipun masih muda, bukan berarti tidak perlu menjaga jantung agar tetap sehat. Justru jantung yang sehat harus dijaga sejak dini.

Menjaga pola makan dan kebiasaan hidup sehat yang baik untuk jantung, harus dilakukan sedini mungkin. Sehingga Anda bisa memiliki jantung yang sehat sampai usia tua. Di dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara menjaga jantung agar tetap sehat.

1. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Sehat

Lemak seringkali dianggap sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan dan kenaikan berat badan. Namun, tubuh sebenarnya juga membutuhkan asupan lemak, seperti lemak jenuh, lemak tak jenuh dan lemak jenuh ganda. Hanya ada satu jenis lemak yang tidak dibutuhkan tubuh, yaitu lemak trans. Lemak ini yang dapat meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Lemak trans sebaiknya Anda hindari, karena lemak ini bisa menyumbat arteri dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan membatasi asupan lemak trans, maka aliran darah di dalam tubuh akan tetap lancar. Lemak trans terdapat di dalam makanan, seperti makanan ringan, margarin, makanan cepat saji yang digoreng dan makanan yang dipanggang.

2. Jangan Merokok dan Hindari Asap Rokok

Jika Anda seorang perokok, sudah saatnya untuk mulai mencoba berhenti merokok. Begitupun dengan Anda yang bukan perokok, sebaiknya menghindari terkena asapnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang terpapar asap rokok atau perokok pasif sekitar 25-30 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung dan membuat kesehatan jantung anda buruk.

Selain itu, perokok pasif yang memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi, berisiko lebih besar mengalami penyakit jantung. Hal tersebut karena bahan kimia yang terdapat di dalam rokok dapat menyebabkan pengembangan penumpukan plak di arteri. Untuk itu, hindarilah asap rokok.

3. Hindari Stres

Untuk menjaga kesehatan jantung, sebaiknya Anda bisa menghindari stres. Stres dapat membuat detak jantung meningkat, otot tegang dan tekanan darah naik. Hal tersebut mengakibatkan jantung menjadi tidak sehat. Apabila Anda mengalami stres karena pekerjaan kantor, pekerjaan rumah ataupun sekolah, sebaiknya segera diatasi. Di antara cara mengatasi stres yaitu dengan melakukan tarik napas dalam-dalam, mendengarkan musik atau melakukan aktivitas yang menyenangkan.

4. Mengonsumsi Buah dan Sayur

Anda pasti tahu bahwa buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Selain itu juga kaya akan serat dan rendah kalori. Mengonsumsi banyak buah dan sayur dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi buah dan sayuran sangat dianjurkan untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

5. Mengatur Pola Tidur

Mengatur pola tidur sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan jantung. Sebaiknya hindari kebiasaan begadang dan tidur terlalu malam. Anda juga harus mengusahakan tidur selama 7-8 jam dalam sehari. Waktu tidur yang cukup dapat melancarkan peredaran darah, menjaga jantung tetap sehat dan tubuh bekerja lebih baik.

6. Olahraga Secara Teratur

Olahraga diyakini dapat membuat tubuh sehat, begitupun dengan jantung. Olahraga secara teratur dapar membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Anda cukup melakukan olahraga selama 20-30 menit setiap hari. Pilih olahraga yang ringan seperti jalan, jogging ataupun bersepeda.

Nah itulah hal-hal yang bisa Anda lakukan dalam menjaga jantung agar tetap sehat. Jangan menunggu tua, menjaga kesehatan jantung harus dimulai sejak usia muda. Biasanya orang-orang menganggap hanya orang yang sudah tua usia 60-an yang bisa terkena penyakit jantung. Nyatanya cukup banyak orang usia 30-an yang terkena penyakit jantung. Jagalah selalu jantung Anda dengan mengamalkan pola hidup sehat.

0 Comments:

Posting Komentar