Minggu, November 22, 2020

4 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen

Cara menghilangkan ketombe secara alami


Cara menghilangkan ketombe secara alami tentu menjadi pencarian banyak orang yang bermasalah dengan kulit kepala bersisik ini. Munculnya ketombe di permukaan kulit kepala, pasti sangat mengganggu. Tidak lagi hanya mengganggu kenyamanan, namun juga penampilan. Jika tidak segera diatasi, justru akan dapat memunculkan masalah kulit rambut baru, seperti kerontokan.

Apa itu Ketombe?

Ketombe dapat terjadi karena adanya jamur pada kulit kepala pada kondisi berminyak. Proses alami juga dapat menyebabkan munculnya ketombe, seperti dampak dari cepatnya pertumbuhan dan kematian sel-sel kulit kepala. Masalah rambut ini ditandai dengan adanya serpihan putih di kulit kepala. Tentunya dapat menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Penyebabnya dapat dikarenakan kesehatan kulit kepala yang tidak baik karena menderita dermatitis seboroik. Dapat juga diakibatkan karena kurang bersih saat keramas, sehingga dapat memicu munculnya jamur. Sebagian besar orang lebih memilih untuk mencari sampo anti ketombe untuk menghilangkan ketombe membandel dan gatal. Namun biasanya, hasil yang diperoleh hanya sementara.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Jika bermacam merk sampo anti ketombe sudah dicoba namun belum memberikan hasil maksimal, saatnya untuk mencoba dengan cara alami. Bahan-bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping yang negatif. Oleh karena itu, cara menghilangkan ketombe secara alami dapat dicoba secara mandiri dengan sederhana. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan.

1. Menghilangkan Ketombe dengan Lemon

Lemon menjadi salah satu bahan alami yang mampu diandalkan untuk menghilangkan ketombe. Lemon mengandung banyak antioksidan, vitamin esensial dan asam citric. Kandungan lemon tersebut dapat mengurangi jumlah minyak di kulit kepala. Caranya dengan memanfaatkan air perasan lemon yang dioleskan merata pada kulit kepala. Dapat juga dicampur dengan gula sebagai scrub, untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

2. Menghilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut memang sudah terkenal. Selain dapat menghitamkan dan membuat rambut lebih berkilau, juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen. Cairan kental pada daging lidah buaya mampu membantu pemulihan jaringan. Selain itu juga mampu melembabkan kulit.

Caranya dengan memanfaatkan daging lidah buaya yang dihaluskan. Kemudian oleskan merata pada kulit kepala sambil dipijat lembut. Diamkan selama 30 menit, kemudian dapat dibilas dengan air sampai bersih. Lidah buaya kaya akan protein, zat besi dan vitamin, sehingga dapat menjaga kesehatan rambut secara alami.

3. Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Kemiri

Minyak kemiri berasal dari ekstrak biji kemiri. Minyak tersebut sudah terkenal khasiatnya dalam mengatasi masalah rambut. Seperti mengatasi kerontokan, menyuburkan rambut dan ternyata juga dapat menghilangkan ketombe. Minyak alami ini memiliki efek anti-mikroba yang dapat menghambat pertumbuhan jamur.

Minyak kemiri dapat dibuat sendiri atau jika ingin mudah, sudah banyak yang menjual minyak kemiri alami, tinggal membelinya. Gunakan minyak kemiri sebelum keramas dengan mengoleskan secara merata pada bagian kulit kepala. Diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan air.

4. Menghilangkan Ketombe dengan Garam

Garam ternyata memiliki kegunaan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat. Garam dapur bersifat eksfoliasi yang mampu membantu melepas ketombe atau kulit mati dari kulit kepala. Selain itu, mampu menyerap minyak berlebih yang memicu munculnya ketombe. Kandungan garam yang anti bakteri juga dapat mencegah timbulnya jamur di kulit kepala.

Cara mudah, hanya dengan menggosokan garam secukupnya di kulit kepala yang sudah dibasahi. Kemudian diamkan sebentar dan bilas hingga bersih dengan air. Namun, perlu juga diperhatikan cara menggosoknya. Gosok perlahan saja untuk menghindari terjadinya luka di kulit kepala karena gesekan dengan garam yang cukup tajam. 

Demikian 4 cara menghilangkan ketombe secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Proses dalam menghilangkan ketombe tentu tidak instant. Tergantung juga dengan tingkat keparahan ketombe yang dialami. Kuncinya adalah dengan rajin dan konsisten merawat kesehatan rambut. Selain dari luar, tentunya juga dibantu dari dalam tubuh dengan menjaga asupan nutrisi.

0 Comments:

Posting Komentar