Minggu, November 22, 2020

3 Cara Menghilangkan Jamur Kuku yang Paling Efektif dan Alami

Cara Menghilangkan Jamur Kuku


Apakah Anda pernah mengalami kuku kaki yang tiba-tiba berubah warna menjadi putih, kuning atau cokelat dan terasa menebal namun mudah patah? Jika pernah, maka waspadalah, karena mungkin Anda sedang terkena infeksi jamur kuku. Meski tidak sakit, namun ada baiknya Anda tetap mengobatinya dengan cara menghilangkan jamur kuku dari kuku kaki Anda.

Jamur kuku sebenarnya tidak hanya menyerang kuku kaki saja, kaki tangan juga bisa terkena jamur kuku. Hanya saja kuku kaki seringkali berada di kondisi yang lembab, gelap dan hangat. Kondisi seperti ini bisa terjadi apabila Anda sering memakai sepatu terlalu lama, sehingga kondisi kaki menjadi panas dan berkeringat.

Cara Menghilangkan Jamur Kuku  

Menghilangkan jamur kuku dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara medis dan alami. Cara medis yaitu Anda pergi ke dokter, lalu dokter akan memberi resep obat untuk diminum dan obat luar berupa salep atau cat kuku yang mengandung obat.

Sayangnya cara medis ini, seringkali menimbulkan efek samping bagi penderita, seperti perut yang sakit, atau tidak bolehnya obat diminum pada penderita gangguan hati atau gagal hati. Oleh karenanya, jika penyakit jamur kuku sudah terlalu parah, maka dokter pun tidak ragu lagi untuk mengambil tindakan.

Tindakan yang dilakukan biasanya terapi laser atau operasi pencabutan kuku. Hal ini memang harus segera dilakukan untuk mencegah jamur menyebar lebih luas lagi. Adapun cara menghilangkan jamur kuku secara alami adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan Minyak Essensial

Ada 4 minyak essensial  yang dapat digunakan untuk mengobati jamur kuku, yaitu Tea tree oil, minyak lavender, minyak zaitun dan minyak oregano. Keempat minyak tersebut dioleskan ke kuku yang terinfeksi dengan mengggunakan kapas. Biarkan beberapa saat, agar minyak meresap sempurna ke kuku. Kemudian bilas dengan air bersih, lakukan pengobatan dengan rutin yaitu 2 kali sehari hingga sembuh.

2. Lakukan Perendaman Kaki dengan Cuka, Baking Soda, Obat Kumur atau Tepung Jagung  

Cara menghilangkan jamur kuku selanjutnya adalah dengan cuka. Cuka sangat baik untuk menyeimbangkan pH kulit, jamur kulit ada karena kondisi pH kulit yang tidak seimbang. Oleh karenanya melakukan perendaman kuku dengan menggunakan cuka sangat efektif untuk mencegah penyebaran jamur serta mengobati jamur kuku secara tuntas.

Sedangkan baking soda digunakan untuk mengurangi kelembaban pada sela-sela jari dan kuku. Tak hanya itu, baking soda juga mampu menetralisir bau yang timbul akibat adanya jamur yang berkembangbiak.

Obat kumur mengandung bahan alami seperti ecalyptus, menthol dan timor. Ketiga bahan tersebut merupakan antiseptik penangkal bakteri dan anti jamur. Oleh karenanya jika Anda melakukan perendaman kaki selama 30 menit dengan obat kumur, maka sangat efektif untuk membunuh kuman, nakteri dan jamur yang ada di kuku.

Tepung Jagung atau yang dikenal dengan tepung maizena, selain sebagai bahan campuran pembuatan kue, ternyata juga dapat mengobati jamur kuku. Caranya adalah siapkan wadah besar yang telah berisi air dan tepung jagung, diamkan campuran tersebut selama 1 jam. Kemudian masukkan kuku yang terkena jamur ke dalam campuran tersebut, lakukan selama 30 menit. 

3. Bawang Putih

Satu lagi cara menghilang jamur kuku yang sangat efektif adalah dengan menggunakan bawang putih. Kandungan senyawa allicin dan ajoene yang ada pada bawang putih bisa menjadi antijamur dan anti mikroba. Cara mengobatinya adalah pertama-tama, cincang bawang putih hingga halus, letakkan pada kuku yang terkena jamur, lalu diamkan selama 30 menit.

Demikian 3 cara menghilangkan jamur kuku. Jangan biarkan jamur berada terlalu lama di area kuku Anda, karena selain mengganggu kuku Anda pun menjadi kurang enak dilihat. Selamat mencoba. 

0 Comments:

Posting Komentar