Sabtu, Oktober 24, 2020

Patut Dicoba! Inilah Rekomendasi Olahraga Luar Ruangan Selama Pandemi

Rekomendasi Olahraga Luar Ruangan Selama Pandemi

Apabila Anda ingin melakukan olahraga luar ruangan selama pandemi, maka Anda harus mengetahui jenis olahraga mana sih yang cukup aman. Selain itu, Anda harus memerhatikan keadaan lingkungan tempat olahraga Anda agar dapat mematuhi seluruh aturan atau protokol kesehatan yang wajib dijalankan dalam keadaan apapun. 

Olahraga adalah salah satu rutinitas yang wajib dilakukan oleh semua orang. Olahraga merupakan bentuk peremajaan fisik setelah melakukan berbagai aktivitas yang berisiko tinggi menghasilkan penyakit, seperti makan berlebihan, minum kafein dalam jumlah tinggi, dan berbagai macam aktivitas lain. Bahkan, olahraga bisa juga dikatakan sebagai aktivitas rekreasi bagi Anda yang melakukannya.

Pada umumnya, ada dua jenis olahraga yang cukup mendasar, yaitu olahraga dalam ruangan dan luar ruangan. Walaupun memiliki prinsip yang cukup mirip dan dapat menghasilkan goals sama, tapi rata-rata banyak yang lebih memilih melakukan olahraga luar ruangan. Selain memiliki sirkulasi udara yang lebih bebas, ada lebih banyak varian olahraga di luar ruangan yang bisa Anda coba daripada di dalam ruangan.

Macam-Macam Olahraga Luar Ruangan Selama Pandemi

Walaupun saat ini dunia, dan Indonesia, sedang mengalami krisis karena pandemi, bukan berarti Anda harus menghilangkan kebiasaan olahraga. Olahraga adalah kunci menjaga tubuh prima dan tidak gampang terserang penyakit. Berikut ini kami paparkan beberapa macam olahraga luar ruangan selama pandemi yang bisa Anda coba. Tentu saja Anda harus mematuhi seluruh protokol yang ada dan tetap menjaga diri dari kerumunan.

1. Olahraga Lari di Masa Pandemi

Rekomendasi Olahraga Luar Ruangan Selama Pandemi

Lari adalah salah satu jenis olahraga luar ruangan selama pandemi yang bisa Anda coba. Bahkan, lari mungkin bisa dikatakan sebagai olahraga paling terjangkau yang pernah ada. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk melakukan aktivitas yang menyehatkan ini. Anda hanya perlu menyiapkan waktu dan tenaga saja agar dapat melakukannya dengan baik dan optimal.

Namun, ada perbedaan yang harus Anda pahami di kala Anda berolahraga lari di masa pandemi saat ini. Beberapa aturan yang wajib Anda patuhi adalah mencari lokasi atau venue yang cenderung sepi dan tidak banyak kerumunan. Selain itu, Anda juga perlu selalu mengenakan masker dan membawa hand sanitizer untuk menjaga Anda dari ancaman paparan bakteri, virus, dan polusi dari luar.

Sebagai salah satu olahraga luar ruangan selama pandemi yang bisa Anda coba, lari memiliki banyak manfaat. Selain dapat membakar kalori dan lemak Anda secara optimal sehingga menghindarkan Anda dari potensi obesitas, lari juga bermanfaat untuk memelihara fungsi jantung, paru-paru, dan otak, dengan jumlah asupan oksigen yang relatif lebih teratur.

2. Olahraga Bersepeda di Masa Pandemi

Rekomendasi Olahraga Luar Ruangan Selama Pandemi

Masifnya pembatasan sosial dan beralihnya sistem kerja konvensional menjadi Work From Home membuat banyak orang relatif memiliki waktu sedikit untuk bersantai di luar rumah. Oleh sebab itu, saat ini bersepeda seakan menemukan kembali kejayaannya dengan banyaknya orang yang beralih ke sepeda di masa pandemi ini. Mungkin Anda adalah satunya.

Tidak berlebihan memang. Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga luar ruangan selama pandemi yang harus Anda coba. Dengan bersepeda, maka kebutuhan olahraga Anda akan terpenuhi. Bersepeda adalah salah satu aktivitas fisik yang dapat membakar banyak kalori, melatih kinera jantung, sekaligus menguatkan otot-otot di sekitar kaki dan paha Anda. Tak pelak, banyak orang yang kepincut dengan olahraga yang satu ini.

Namun, tentu saja ada banyak aturan yang harus dipenuhi apabila Anda ingin melakukan aktivitas bersepda sebagai olahraga di masa pandemi. Selain menggunakan perlengkapan keamanan khas sepeda, Anda juga wajib menggunakan masker. Selain itu, sangat disarankan untuk Anda mencari spot bersepeda yang lebih tenang dan cenderung sepi. Anda juga bisa bersepeda di luar jam-jam sibuk untuk menghindari kerumunan sekaligus polusi yang berlebihan.

3. Olahraga bulu tangkis selama pandemi

Rekomendasi Olahraga Luar Ruangan Selama Pandemi

Bulu tangkis adalah salah satu jenis olahraga luar ruangan selama pandemi yang bisa Anda coba apabila sudah bosan dengan aktivitas olahraga di dalam rumah. Minimnya kontak fisik serta manfaat kepada tubuh yang sangat maksimal adalah alasan terbaik mengapa Anda bisa melakukan olahraga ini di selang waktu kerja dan studi Anda di rumah.

Bisa dikatakan, bulu tangkis adalah olahraganya orang Indonesia. Oleh sebab itu, setap rumah tentu memiliki setidaknya satu raket. Anda bisa memainkan olahraga ini di mana pun Anda mau. Tapi, jangan lupa Anda harus selalu setia mematuhi segala aturan pembatasan untuk meminimalisasi risiko Anda terpapar penyakit dari luar.

Demikian beberapa olahraga luar ruangan selama pandemi yang bisa Anda coba apabila sudah bosan dengan jenis-jenis olahraga dalam ruangan. Hal ini sah-sah saja untuk Anda lakukan selama Anda mematuhi segala peraturan dan protokol terkait, selalu menggunakan masker, serta tidak lupa untuk membawa hand sanitizer sebagai perlindungan Anda di luar ruangan.

0 Comments:

Posting Komentar