Selasa, Oktober 27, 2020

Ini Dia Bahaya Covid Jika Dibiarkan Dan Dianggap Sepele

Bahaya Covid Jika Dibiarkan Dan Dianggap Sepele

Mungkin, tak hanya Anda yang merasa lelah karena adanya virus covid-19. Semua orang pun mungkin merasakan hal yang sama. Mengubah kebiasaan memang tak mudah, apalagi untuk mengikuti protokol kesehatan yang dianggap ribet. Hingga akhirnya muncul banyak alasan tidak mengikuti protokol kesehatan yang diberlakukan. Hingga akhirnya mengundang bahaya covid jika dibiarkan. 

Bahkan, ada beberapa anggapan yang mengatakan bahwa virus ini tidak ada, jadi santai saja. Padahal covid bukan hanya untuk di hindari, tetapi untuk di waspadai. Penyebarannya yang semakin meluas membuat semua warga cemas. Hingga Pemerintah pun selalu menginfokan protokol kesehatan terbaru untuk memghindarinya. 

Ada Beberapa Bahaya Covid Jika Dibiarkan Dan Dianggap Sepele

Banyak diantara masyarakat yang sangat berhati-hati terhadap virus ini. Mulai dari menata kembali pola hidup sehat agar terhindar dari paparan virus ini. Memakai masker guna menghalau penularan virus, sampai rela mengikuti semua protokol kesehatan. Namun, tak sedikit pula yang menganggapnya sepele. Banyak sekali bahaya covid jika dibiarkan dan disepelekan. Salah satunya adalah sebagai berikut:

1. Penderita Covid-19 Lebih Parah

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menegaskan bahwa, tidak ada alasan seseorang tidak akan terpapar covid-19. Siapapun dapat terpapar, mulai dari balita hingga lansia. Utamanya bagi mereka yang berumur kurang dari 60 tahun. Oleh karena itu, tetap jaga imunitas agar tidak terpapar virus. 

Walau memang sudah banyak penderita covid yang berangsur pulih. Dan dinyatakan bahwa Anda berisiko rendah untuk terpapar. Namun,  tidak menutup kemungkinan bahwa Anda dapat terpapar virus covid yang parah. Hanya karena mungkin saja Anda sedang dalam keadaan kondisi kesehatan tertentu yang masih belum dapat diketahui. 

2. Harus Mengikuti Karantina 

Bahaya covid jika dibiarkan akan memaksa Anda untuk mengikuti karantina selama 14 hari lamanya. Karantina ini terjadi karena kelalaian Anda dalam menanggapi sepele virus covid-19. Menganggap remeh dan menyepelekan imbauan dan protokol kesehatan. Atau bisa juga karena Anda tidak sengaja terpapar virus ketika sedang berada di luar rumah.

Proses karantina sendiri akan membebani Anda. Karena selama 14 hari Anda akan dikarantina di dalam rumah. Semua ini dilakukan agar dapat mengantisipasi penyebaran virus terhadap orang lain. Dan bisa dibayangkan selama mengikuti karantina, pasti Anda akan merasa jenuh dan kesepian. Karena jangankan untuk bertemu orang diluar rumah, bercengkrama dengan orang rumah pun dibatasi. 

3. Membuat Cemas Orang Lain 

Bahaya covid jika dibiarkan akan memberikan kecemasan pada warga disekitar Anda. Misalnya, Saat ini Anda masih dengan bebas berkeliaran tanpa mengenakan masker. Tentu warga sekitar Anda akan lebih cemas. Karena mungkin saja mereka akan berpikir bahwa, Anda dapat atau sudah tertular virus. 

Meskipun sebenarnya virus ini termasuk pada gejala ringan, tapi tetap harus diwaspadai. Penyebaran virus ini sangatlah cepat. Itulah mengapa Anda tidak disarankan bahkan tidak diperbolehkan untuk menganggap sepele virus ini. Selain dapat memberikan kecemasan pada warga sekitar, Anda pun dapat menularkannya. Kecemasan lain yang dirasakan adalah dalam segi ekonomi. 

4. Tidak Peduli Terhadap Tim Medis

Tentu saja ini merupakan salah satu bahaya covid jika dibiarkan. Mengapa demikian?. Karena apabila kelak Anda menjadi pasien positif terpapar virus, Anda akan menambah beban tim medis. Tim medis pun akan merasa lebih lelah, karena pasien positif terus bertambah. 

Tak hanya lelah yang mereka rasakan. Bahkan mungkin diantaranya akan merasa frustasi dan depresi. Tidak dapat dipungkiri, mereka yang berjuang merawat pasien positif akan tertular juga bukan? Bisa saja mereka depresi memikirkan kesehatannya sendiri atau memikirkan orang disekitarnya. Yang mungkin akan menjauhi tim medis yang merawat pasien positif.

Pada dasarnya, apapun jenis kegiatannya jangan suka menyepelekan. Karena pasti akan menimbulkan bahaya. Dan Itulah tadi beberapa bahaya covid jika dibiarkan atau disepelekan bagi diri sendiri ataupun bagi warga dan lngkungan sekitar. 

0 Comments:

Posting Komentar