Jarang diketahui orang inilah manfaat daun Kenikir

Siapa sih disini yang tidak kenal dengan daun kenikir? Biasa disebut kenikir atau ulam raja, daunnya sudah biasa digunakan dalam berbagai campuran makanan seperti lalapan dan pecel. Rasa dan aromanya yang khas membuat banyak orang menyukai daun ini. Tapi belum banyak yang tahu, bahwa daun kenikir memiliki khasiat yang luar biasa. Terutama dalam menjinakkan sel-sel kanker.

Sementara kita tahu, penyakit kanker masih merupakan salah satu pembunuh utama di dunia. Beberapa teknik pengobatan kanker yang digunakan saat ini seperti kemoterapi, radioterapi, dan pembedahan, masih menyisakan angka mortalitas dan morbiditas yang tinggi.

Sudah begitu, biaya pengobatan sangat tinggi. Ini juga menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat untuk mendapatkan pengobatannya. Kendatipun sudah ada BPJS dan jaminan kesehatan lain, instansi kesehatan masih menanggung biaya yang mahal ketika berhadapan dengan penyakit yang satu ini, kanker.

Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa, Artemisinin secara efektif dapat Menyembuhkan Penyakit. Ekstrak tanaman ini telah digunakan di China untuk melawan penyakit malaria selama ribuan tahun. 

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Life Science, Tanaman ini telah digunakan dalam Pengobatan China dan mampu membunuh 98 persen Sel-sel Kanker Payudara hanya dalam waktu Kurang dari 16 jam.

The bioengineers Henry Lai dan Narendra Singh dari University of Washington, Seattle, adalah dua ilmuwan yang pertama kali menemukan hal ini. Hasil penelitian mereka telah membuktikan bahwa sel kanker akan mengalami APOPTOSIS (Hancur Dengan Sendirinya).

Sampai saat ini, sangat Sulit untuk Mendapat kan Ekstrak tanaman ini dengan Harga Rendah. Tetapi, produsen farmasi Perancis ‘Sanofi’ berusaha memproduksi sekitar 50-60 ton Artemisinin dengan diikuti meningkatnya permintaan atas tanaman ini, harga yang ditawarkan perlahan mulai bisa diterima masyarakat.

Kandungan daun kenikir

Manfaat daun kenikir yang ada tidaklah terlepas dari kandungan zat-zat yang ada di dalamnya. Di dalam daun kenikir mengandung beberapa zat yang memiliki banyak manfaat. Pengujian di laboratorium menunjukkan bahwa daun kenikir kaya akan asam askorbat dan asam klorogenik.

Selain itu, masih ada beberapa kandungan daun kenikir lainnya, yaitu:

  • Kalsium
  • Magnesium
  • Flavonoid
  • Tokoferol
  • Polifenol
  • Saponin
  • Terpenoid
  • Kuersetin
  • Alkohol Koniferil
  • Vitamin A, C dan E
  • Protein

Manfaat daun kenikir bagi kesehatan tubuh

Kenikir tidak hanya memiliki fungsi sebagai hiasan yang indah. Pada daun kenikir terdapat beberapa manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat daun kenikir ini mungkin belum Anda ketahui sebelumnya dan bisa menjadi sebuah fakta yang mengejutkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun kenikir bagi kesehatan tubuh:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Di dalam daun kenikir juga terdapat kandungan beberapa vitamin, yaitu seperti vitamin A, vitamin E, dan vitamin C. Kandungan vitamin-vitamin tersebut bisa meningkatkan metabolisme tubuh yang akan berdampak pada peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, zat gizi makro protein juga hadir di dalam daun kenikir. Protein bisa membentuk fagosit yang bisa melindungi tubuh dari serangan kuman-kuman penyakit dan virus. Fagosit ini bisa melawan dan mengalahkan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh

Daun kenikir mengandung senyawa flavonoid, terpenoid, saponin dan antioksidan yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, kanker hati hingga kanker lambung. 

Cara mengonsumsinya yaitu dengan meminum air rebusan daun kenikir secara rutin, dibantu dengan mengonsumsi suplemen ekstrak daun kenikir agar penyebaran sel kanker terhambat dan hasilnya lebih maksimal.

Mendetoksifikasi racun dalam darah

Di dalam sistem peredaran darah manusia kadang terdapat racun yang berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Racun tersebut jika didiamkan akan mengendap dan bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit dikemudian hari. Dengan mengonsumsi daun kenikir secara rutin berkhasiat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh karena kandungan Vitamin E dan Flavonoid di dalamnya.

Penambah Nafsu Makan

nafsu makan
ilustrasi nafsu makan

Daun kenikir dapat berfungsi sebagai obat penambah nafsu makan, karena kenikir memiliki kandungan senyawa kuersetin yang dapat meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak-anak. Daun kenikir dapat diolah sebagai makanan lalapan yang dikonsumsi 3 kali dalam seminggu. Kenikir juga baik digunakan untuk menambah nafsu makan seseorang setelah operasi tertentu, untuk mengembalikan stamina tubuhnya.

Menguatkan Tulang

Daun kenikir dapat bermanfaat untuk menguatkan tulang, hal ini karena kenikir memiliki kandungan mineral, kalsium dan magnesium yang tinggi untuk membantu pertumbuhan tulang. Daun kenikir dapat dikonsumsi secara langsung dalam bentuk lalapan atau dapat meminum air rebusan kenikir, yang dicampur dengan manfaat madu.

Sebagai obat Cuci Darah

Daun kenikir memiliki kandungan manfaat vitamin E, antioksidan, dan flavonoid yang dapat menetralkan racun yang terbawa darah. Jika dikonsumsi teratur akan membersihkan darah dari racun yang tidak sengaja masuk dalam tubuh. Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh.

Obat Payudara Bengkak

Daun kenikir dapat mengobati payudara yang bengkak akibat terus-menerus mengeluarkan ASI. Cara pembuatan obatnya yaitu: Ambil beberapa helai daun. Siapkan kompor dengan api kecil, kemudian dibakar hingga layu. Usapkan ke sekitar payudara selagi hangat. Pengobatan dilakukan 3 kali sehari. Senyawa terpenoid dan anti inflamasi yang dimilikinya akan meredakan pembengkakan yang terjadi.

Mengobati penyakit gondongan

Daun kenikir juga bermanfaat untuk mengobati penyakit gondongan. Hal ini dikarenakan di dalam daun kenikir terdapat kandungan tokoferol dan polifenol yang bisa mengobati gondongan akibat radang. Tidak perlu menggunakan blau, penyakit gondongan bisa diobati dengan menggunakan penyakit gondongan.

Cara menggunakan penyakit gondongan adalah dengan menggiling daun kenikir sampai halus. Daun kenikir yang telah halus lalu dicampur dengan cuka dan diaduk. Campuran daun kenikir dan cuka tersebut digosokkan pada area yang terdapat gondongan. Lakukanlah hal tersebut minimal tiga kali sehari.

Mengatasi Bau Mulut

Daun kenikir memiliki kandungan koniferil alkohol yang berfungsi membunuh bakteri dan kuman yang ikut terbawa dalam makanan. Senyawa tersebut akan membersihkan area lidah dan air ludah dari bakteri penyebab bau mulut. Untuk mendapatkan hasil maksimal untuk membunuh kuman, dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah setelah dicuci bersih, kemudian dikunyah selama 20-30 detik, lalu berkumur. Jika tidak, dapat mengkonsumsinya setelah direbus dengan air garam.

Obat Lemah Jantung

Daun kenikir mengandung manfaat antioksidan dan flavonoid yang berperan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika di area jantung, senyawa flavonoid ini akan bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Anda dapat merebus 5 lembar daun kenikir dengan 250ml air, kemudian meminum air rebusannya 2 kali sehari.

Bagaimana dengan sejumlah manfaat dari kenikir yang disebutkan di atas? Sangat bermanfaat, bukan? Walaupun terlihat sederhana daun kenikir ternyata memiliki berbagai macam manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Daun kenikir juga mudah sekali ditemukan di pasar dengan harga yang terjangkau. Dibanding pengobatan yang menggunakan obat-obatan, pengobatan alami dengan memanfaatkan daun kenikir ini jauh lebih aman dari efek samping. Meskipun hasilnya tidak bisa langsung terlihat, setidaknya pengobatan atau perawatan dengan daun kenikir tidak berbahaya bagi organ tubuh lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *