Inilah arti simbol yang ada pada botol plastik

      No Comments on Inilah arti simbol yang ada pada botol plastik

Pernahkah anda bertanya-tanya apa arti simbol segitiga di bawah kemasan botol plastik yang didalamnya bertuliskan angka tertentu? Simbol angka ini sebenarnya berisi beberapa informasi tertentu seperti zat kimia berbahaya yang terkandung di dalam plastik, bagaimana ketahanan kekuatan plastik dari meleleh akibat suhu, seberapa dapat didaur ulangnya plastik tersebut, dan juga terhadap pengaruh terhadap kesehatan kita jika menggunakan bahan plastik tersebut. Tahukah anda sementara kita semua disarankan untuk menggunakan produk-produk berbahan plastik seminimal mungkin, ada jenis-jenis plastik tertentu yang dikategorikan lebih aman dibandingkan yang lainnya? 

sebenarnya

Sekarang saatnya kita mengetahui sedikit lebih dalam mengenai berbagai jenis plastik yang anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai wadah makanan atau minuman yang sedikit banyak berdampak pada, tak hanya anda, namun juga pada lingkungan, nah, berikut ini adalah penjelasannya

PET atau PETE (Polyethylene Terephthalate)

pte
ilustrasi simbol pte atau pete

Mungkin kamu akan lebih mudah menemukan simbol ini di dapurmu ya.  Plastik dengan tulisan angka 1 ini paling banyak digunakan sebagai bahan daur ulang. Jenis ini biasanya berwarna bening dan digunakan untuk kemasan botol minuman sekali pakai, simbol ini terdapat di barang-barang yang terbuat dari plastik, misalnya botol minum, minyak, soda, susu, kotak obat, wadah selai kacang, hingga sisir. 

Nah, meskipun aman kamu juga harus berhati-hati karena plastik jenis ini hanya boleh digunakan sekali alias nggak boleh diisi ulang. Nggak boleh disimpan di tempat terlalu panas atau nggak kontak langsung dengan api. Tapi kamu bisa mendaur ulang plastik jenis ini jadi tas atau bahan karpet, lho!Saat didaur ulang biasanya dijadikan tote bags (tas jinjing), furniture, karpet, paneling, fiber dan polar fleece (sejenis jaket berbulu berbahan polar)

HDPE (High Density Polyethylene)

hdpe
ilustrasi simbol hdpe

Plastik dengan simbol yang kedua ini fungsinya juga mirip dengan simbol yang pertama, jenis ini biasanya berwarna opaque (buram). Plastik ini juga sering sekali dijadikan bahan daur ulang. Jenis ini temasuk salah satu dari 3 jenis plastik yang dikategorikan aman dan memiliki resiko rendah dari meleleh, namun hanya boleh dipakai sekali dan nggak untuk diisi ulang
Kamu juga nggak boleh mengisi barang plastik dengan bahan makanan atau minuman kalau sebelumnya barang plastik tersebut bukan untuk makanan atau minuman

Beberapa barang plastik jenis HDPE adalah botol shampoo, galon air minum, wadah Tupperware, botol sabun, botol susu, hingga tempat sabun cuci.Plastik ini biasanya didaur ulang menjadi pena, kontainer (wadah penyimpanan) hasil daur ulang, meja piknik, kursi plastik, pagar, dll.

V (Vinyl) atau PVC (Poly Vinyl Chloride)

pvc
ilustrasi simbol pvc

Pernah dengan istilah plastik PVC? Nah, plastik jenis ini punya simbol daur ulang dan angka 3 serta huruf V yang berarti Vinyl. Plastik ini biasanya digunakan sebagai food wrap (pembungkus makanan) dan botol deterjen. Jenis ini biasanya jarang mau diterima pada program daur ulang sederhana karena plastik jenis ini sulit didaur ulang karena bahannya yang lebih keras dari plastik jenis lainnya.. Plastik jenis ini biasanya dan kemungkinan, mengandung phthalates, yang dihubungkan dengan banyak sekali masalah kesehatan seperti masalah pertumbuhan hingga keguguran janin. Selain itu ia juga mengandung DEHA (Bis(2-ethylhexyl)adipate), yang dapat bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker) jika terpapar dalam jangka waktu yang lama. DEHA juga dihubungkan dengan hilangnya kepadatan tulang dan masalah ginjal. Jangan memasak ataupun membakar plastik jenis ini.

Barang-barang plastik jenis ini bisa ditemukan pada pipa, ubin, kabel, botol pembersih rumah tangga, dan sebagainya. Maka dari itu sebisa mungkin barang plastik jenis ini jauh dari jangkauan anak-anak. 
Plastik jenis ini dapat didaur ulang menjadi paneling, lantai, polisi tidur, dek, parit / selokan.

LDPE (Low Density Polyethylene)

ldpe
ilustrasi simbol ldpe

Satu lagi nih bahan plastik yang aman digunakan, yaitu di simbol yang terdapat angka 4 LDPE. Plastik jenis ini kebanyakan ditemukan pada botol-botol yang bisa diremas, tas plastik untuk belanja, baju, karpet, pembungkus makanan beku, pembungkus roti, dan beberapa jenis pembungkus makanan (food wraps). 

Plastik jenis ini memang tahan lama dan elastis sehingga pas banget untuk dijadikan tas belanja. Tapi sebaiknya kamu mengurangi penggunaan plastik ini dan lebih baik mendaur ulangnya agar nggak tertimbun di tanah yang butuh ratusan tahun untuk mengurainya. Plastik ini dapat didaur ulang menjadi kotak sampah, paneling, alas lantai dan amplop berbahan plastik untuk pengiriman barang.

PP (Poly Propylene)

pp
ilustrasi simbol pp

Jenis plastik yang satu ini juga aman banget digunakan untuk bahan makanan, bahkan bisa dibilang sebagai bahan plastik terbaik untuk wadah makanan dan minuman. Bahan plastik ini sangat kuat, tahan lama, dan aman digunakan untuk makanan atau minuman bersuhu panas sekalipun. Barang-barang plastik jenis ini apalagi kalau bukan wadah makan dan minum seperti Tupperware, botol obat, wadah yogurt, alat makan plastik, sedotan, botol obat-obatan dan sebagainya.

Polypropylene dapat didaur ulang menjadi sapu, casing baterai, kotak sampah, pallets, lampu sinyal, dan rak sepeda.

PS (Poly Styrene)

ps
ilustrasi simbol ps

Polystyrene adalah nama resmi dari bahan yang kita kenal sebagai styrofoam. Plastik ini sering dijadikan pembungkus makanan seperti daging mentah, kacang, wadah makanan kayak bubur ayam, cup kopi, dan sebagainya. Padahal bahan ini nggak sehat jika digunakan untuk wadah makanan.  Ia dikenal sebagai jenis plastik yang sangat sulit untuk didaur ulang, sehingga berbahaya bagi lingkungan. Plastik jenis ini juga beresiko terhadap kesehatan, dapat menyebabkan kebocoran zat kimia yang beracun, terutama jika dipanaskan. Kebanyakan program daur ulang tidak mau menerima plastik jenis ini, karena butuh tenaga dan waktu yang besar.

Maka dari itu kamu sebaiknya mengurangi penggunaan stryrofoam dan kalau bisa membawa wadah makanan sendiri. Apalagi ternyata plastik jenis ini sulit didaur ulang. 
Bahan ini dapat dapat didaur ulang menjadi karton, ventilasi, packing berbahan foam, dan insulation (peredam panas).

Lain-Lain

other
ilustrasi simbol other

Semua jenis bahan plastik yang tidak termasuk dalam kategori 1-6 dimasukkan pada kategori nomor 7. Selain tertera angka 7, simbolnya juga ada tulisan OTHER.

Kategori ini salah satu diantaranya termasuk juga plastik berbahan polycarbonate, yang dikenal mengandung racun bishphenol-A (BPA). Jenis ini harus dihindari karena dapat mengakibatkan gangguan kesimbangan hormon yang berhubungan erat dengan kemandulan, hiperaktif, permasalahan reproduksi dan masalah kesehatan lain. Plastik jenis ini dapat ditemukan pada kacamata hitam, casing ipod, casing komputer, nylon, gallon air 3- dan 5-, dan material anti peluru.

Ada juga bahan plastik dengan kategori nomor 7 ini bertuliskan BPA-Free (bebas BPA) atau bertuliskan PLA (Polylactic acid atau polylactide). Biasanya keterangan ini terdapat pada botol minuman tertentu dengan kualitas yang sangat baik. Jika bertuliskan BPA-free / PLA, maka botol tersebut dikategorikan aman untuk digunakan dan tidak berbahaya untuk kesehatan. Tanda lain selain bertuliskan BPA-free / PLA bisa juga terdapat logo bergambar daun disamping logo segitiga bertuliskan angka 7 ini. Adapun PLA sendiri adalah jenis plastik yang dibuat dari tanaman (biasanya terbuat dari pati jagung ataupun tebu).

Dapat didaur ulang menjadi plastic lumber (mirip kayu namun berbahan plastik) maupun produk-produk tertentu sesuai kebutuhan. Kalau terpaksa pakai ini, kamu nggak boleh mengisi ulang. Jadi pakai sekali aja, ya!

Berdasarkan keterangan diatas, plastik jenis apa yang AMAN dan plastik dengan angka berapa yang harus DIHINDARI?

Kalau udah tahu simbol ini, kamu bisa lebih cermat dalam memilih plastik mana yang aman untuk makanan dan mana yang bisa kamu daur ulang sendiri.

simbol botol
ilustrasi semua simbol botol
  1. Yang dikategorikan paling AMAN(bagi manusia maupun hewan) adalah nomor 2 (HDPE), 4 (LDPE) dan 5 (PP). Untuk plastik jenis lain-lain (nomor 7) hanya jika ia bertuliskan BPA-free(bebas BPA) atau PLA, maka aman untuk digunakan.
  2. Hindaripenggunaan plastik bernomor 3 (PVC), 6 (PS), 7 (Lain-Lain), terutama jika ia mengandung BPA (bisphenol-A). Sedangkan plastik dengan angka 1 (PET), sekalipun ia dikategorikan cukup aman namun disarankan dihindari penggunaannya sebisa mungkin. Jika anda menggunakan tipe angka 1 ini, maka cukup gunakan satu kali saja setelah itu langsung dibuang (jangan gunakan wadah/botol plastik jenis ini untuk refill / air isi ulang).

Pada akhirnya kita akan tetap butuh untuk menggunakan plastik, namun anda dapat membatasi penggunaannya seminimal mungkin. Ketimbang membeli botol berbahan plastik, disarankan untuk berinvestasi membeli botol berkualitas berbahan gelas, kaca, porselen, keramik atau stainless steel. Ini merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *