Cara mengobati sakit gigi paling ampuh

      No Comments on Cara mengobati sakit gigi paling ampuh

Ada pepatah mengatakan sakit gigi lebih sakit daripada sakit hati. Sakit gigi memang membuat kita kelimpungan atau susah. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan sakit kepala, gusi nyut-nyutan, hingga makan pun jadi terasa menyiksa. Mau makan susah, mau minum pun susah. Sakit gigi memang seringkali membuat mood seseorang jadi buruk. Malah kadang yang mengalami sakit gigi sampai menangis karena tidak betah dengan sakit yang dialami.

Sakit gigi sering disebabkan oleh gigi berlubang. Bisa juga ketika gigi hendak tanggal, hal yang biasa terjadi pada anak-anak yang dalam masa berganti gigi susu ke gigi dewasa. Gigi berlubang memang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa hingga lansia. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Jika Anda sedang sakit gigi, sebaiknya segera kunjungi dokter. Namun sementara itu, ada beberapa cara mengobati sakit gigi yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama sebelum pergi ke dokter.

1. Daun sirih

daun sirih
ilustrasi daun sirih

Daun sirih merupakan resep tradisional sejak jaman nenek moyang yang terbukti ampuh sebagai cara mengobati sakit gigi. Apakah Anda pernah melihat nenek atau kakek Anda menguyah sesuatu hingga mulutnya berwarna merah. Yang mereka kunyah adalah daun sirih. Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai antiseptik alami. Anda bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur

2. Daun Jambu Biji

daun jambu biji
ilustrasi daun jambu biji

Cara mengobati sakit gigi secara alami dan cepat selanjutnya adalah dengan daun jambu biji. Ternyata, daun jambu biji juga berguna sebagai antibakteri untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu, daun jambu efektif sebagai cara mengobati sakit gigi karena mempunyai antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang kuat.

Yang perlu kamu lakukan hanya mengunyah jambu biji atau merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.

3. Kumur air garam

air garam
ilustrasi air garam

Umumnya dokter gigi tidak bisa melakukan pengobatan apapun saat gigi Anda masih bermasalah. Satu-satunya yang bisa Anda lakukan saat ini adalah menggunakan obat sakit gigi sampai akhirnya gigi Anda bisa ditindak oleh dokter. Nah, coba kumur dengan air garam sampai Anda merasa nyeri sudah sedikit membaik. Kumur air garam merupakan cara mengobati sakit gigi yang patut Anda coba di rumah. Bahkan, beberapa orang menganggap jika air garam adalah obat sakit gigi paling ampuh untuk meredakan nyeri.

Sebagai obat sakit gigi berlubang, Anda bisa melarutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air (240 ml), dan kumur selama beberapa saat. Sebelum berkumur, Anda juga bisa lakukan flossing untuk mengeluarkan sisa makanan yang mengganjal di sekitar area gigi yang sakit.

4. Merica

merica
ilustrasi merica

Merica berguna sebagai cara mengobati sakit gigi karena mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti. Caranya adalah dengan mencampur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang sakit.

4. Bawang Merah Mentah

bawang merah
ilustrasi bawang merah

Bawang merah merupakan obat sakit gigi alami. Pasalnya, bawang merah memiliki sifat antiseptik dan antimikrobial yang bisa mengendalikan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang merah adalah dengan mengunyahnya. Ya, kunyahlah bawang merah mentah selama beberapa menit di sisi mulut dengan gigi yang nyut-nyutan. Jika Anda tidak bisa mengunyah bawang merah, letakkan irisan bawang merah mentah langsung di gigi yang sakit.

Selain bawang merah mentah, Anda juga bisa menjadikan bawang putih sebagai pilihan obat sakit gigi berlubang lainnya. Saat terkoyak oleh gigi, bawang putih akan melepaskan allicin, substansi berminyak alami yang berfungsi sebagai pelawan penyakit. Hal ini dapat mengurangi rasa ngilu di gigi Anda.

5. Cuka

cuka
ilustrasi cuka

Cara mengobati sakit gigi lainnya adalah dengan menggunakan cuka dapur atau cuka apel. Pasalnya kedua jenis cuka ini mengandung properti antibakteri dan antimikrobial yang ampuh untuk meredakan sakit gigi.

Jika ingin menggunakan cuka sebagai obat sakit gigi berlubang, Anda bisa berkumur-kumur tahan larutan cuka di daerah gigi yang sakit selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, segera buang. Apabila Anda tidak kuat dengan rasa masam dari cuka, Anda bisa teteskan cuka pada sebuah kapas dan tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit. Setelah itu, sikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi khusus gigi sensitif.

6. Es Batu

es batu
ilustrasi es batu

Cara mengobati sakit gigi dengan es batu dapat dilakukan dengan cara  memasukkan es batu dalam plastik kecil, lalu bungkus dengan kain tipis, dan tempelkan langsung pada gigi yang ngilu selama 15 menit untuk mengebaskan saraf gigi. Atau, Anda bisa tempelkan kompres es di pipi Anda, di daerah gigi yang sakit sebagai cara menghilangkan sakit gigi.

Ada satu trik menarik lain yang bisa Anda coba jika ingin menggunakan es batu sebagai obat sakit gigi berlubang. Pijat punggung tangan Anda dengan kompres es batu. Saraf di jari-jari Anda akan mengirimkan sinyal “dingin” yang mungkin akan menimpa sinyal rasa sakit dari gigi Anda.

(Catatan: pijat tangan di sisi yang sama dengan gigi yang ngilu, dan berikan tekanan di area antara jempol dan telunjuk.)

7. Serai

serai
ilustrasi serai

Serai dapat digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi yang alami. Selain itu seraii juga dapat digunakan untuk mencegah pembengkakan gusi. Caranya dengan merebus 2 tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang. Kemudian gunakan untuk berkumur

8. Minyak cengkeh

minyak cengkeh
ilustrasi minyak cengkeh

Minyak cengkeh adalah obat tradisional yang sudah lama digunakan sebagai obat sakit gigi paling ampuh lainnya. Minyak ini disinyalir bisa membantu “mematikan saraf” karena senyawa kimia utama yang terkandung dalam rempah ini adalah eugenol, yang berperan sebagai anestesi alami.

Tapi, berhati-hati dalam menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi berlubang. Sembarangan menuang minyak cengkeh di mulut, bisa-bisa rasa sakit akan semakin parah jika minyak tersebut menetes ke lidah atau gusi Anda yang sensitif.

Jadi, perhatikan baik-baik cara mengobati sakit gigi dengan minyak cengkeh berikut ini. Tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan tempelkan di gigi yang bermasalah sampai rasa sakit mereda. Anda juga bisa gunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh dan tempelkan di gigi yang sakit sebagai pilihan alternatif untuk obat sakit gigi berlubang.

Demikian cara mengobati sakit gigi berlubang paling ampuh, secara alami dan cepat, yang bisa dicoba di rumah. Jika belum sembuh juga, sebaiknya dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *