Alasan kenapa seseorang bisa cegukan

      No Comments on Alasan kenapa seseorang bisa cegukan
Cegukan atau (hiccup: bahasa Inggris) atau dalam dunia medis, dikenal dengan istilah singultus, hal ini ditandai dengan bunyi ‘hik’, seperti suara tercekik. Terjadi karena pita suara menutup secara tiba-tiba akibat terpicu oleh kontraksi pada diafragma dan menghasilkan bunyi hik. Diafragma adalah membran otot pemisah rongga dada dan perut yang berperan penting pada sistem pernapasan. Cegukan biasa dialami oleh bayi hingga orang dewasa lanjut usia. Durasinya bermacam-macam: ada yang sebentar dalam beberapa menit, tapi ada juga yang mengalaminya selama berhari-hari.

Ada dua jenis cegukan, ada yang berlangsung maksimal 30 menit dan yang terjadi hingga 2 hari. Semua orang pasti pernah mengalami  yang pertama dan belum mengetahui penyebabnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang memicu kamu bisa mengalami cegukan.

Makan Tergesa-gesa

makan tergesa-gesa

ilustrasi makan tergesa-gesa

Tak heran jika cegukan akan lebih banyak menyerang mereka yang makan dengan tergesa-gesa atau sambil berbicara panjang sewaktu makan. Hal ini dikarenakan, masuknya oksigen yang mendesak secara tiba-tiba ke dalam paru-paru yang dapat mempengaruhi kondisi diagfragma. Dan disinilah terjadi sedak yang diikuti dengan bunyi ‘hik’.

Minum minuman bersoda

minum soda

ilustrasi minum soda

Minuman bersoda mengandung banyak udara. Ketika kita menelan terlalu banyak udara, nervus vagus akan teriritasi dan mengakibatkan diafragma kita terganggu, sehingga pita suara menutup setiap kali diafragma hendak berkontraksi dan terjadilah “hik!“.

Kurang cairan tubuh

Cairan di dalam tubuh sangat membantu dalam proses pencernaan makanan. Apabila tubuh kekurangan cairan, makanan jadi sulit untuk diolah sehingga mempengaruhi fungsi diafragma. Maka dari itu seringnya ketika kita mengalami cegukan, orang sekitar menyarankan untuk segera minum air putih.

Makan dan minum yang terlalu panas atau terlalu dingin

makan panas dan dingin

ilustrasi makan panas dan dingin

Mengonsumsi makanan dan minuman dengan suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat mengganggu sistem pencernaan. Pencernaan yang tidak lancar dapat menghalangi kerja diafragma dan berakhir pada munculnya cegukan.

Perubahan Suhu Secara Tiba-Tiba

perubahan suhu

ilustrasi perubahan suhu

Perubahan suhu ekstrim secara tiba-tiba bisa berpotensi menyebabkan cegukan. Untuk itulah, tidak dianjurkan, mengkonsumsi makanan panas dan minuman dingin secara bersamaan.

Makan makanan pedas

makanan pedas

ilustrasi makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas merupakan salah satu pemicu terjadinya cegukan. Meskipun tidak terjadi pada semua orang, tetapi hal ini wajar terjadi, itu terjadi karena adanya kelainan kontraksi otot diafragma dan otot intercostal (otot yang berada di antara tulang rusuk) yang dilanjutkan dengan penutupan laring yang menyebabkan udara yang masuk ke saluran pernapasan terlalu cepat.

Penggunaan Bumbu Dan Penyedap Rasa Makanan

bumbu penyedap rasa

ilustrasi bumbu penyedap rasa

Seseorang yang tidak tahan pedas, memiliki kemungkinan lebih besar mengalami cegukan ketika menyantap makanan pedas. Begitupula bila pemakaian bumbu pada makanan terlalu asin atau asam. Hal ini sudah tentu akan membuat diagfragma mengalami berkontraksi dengan tiba-tiba.

Normalnya, cegukan hanya akan berlangsung sesaat dan beberapa menit saja. Meskipun cegukan tidak tergolong sebagai keluhan yang membahayakan, namun jika waktu berlangsungnya sudah dibatas wajar bisa jadi itu adalah pertanda adanya kelainan pada tubuh anda. Untuk itu, sebaiknya segera dapatkan perhatian medis, apabila cegukan yang anda alami berlangsung lebih dari 30 menit dan disertai rasa sakit yang terlalu dibagian leher.

Cara menghilangkan cegukan

Banyak orang yang memberikan berbagai macam petunjuk bagaimana cara menghilangkan cegukan yang berbeda-beda. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan agar cegukan bisa segera berhenti.

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis yang kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan cegukan dengan cepat.
Caranya adalah:

  1. Minum langsung air perasan jeruk nipis, peraslah secara langsung di mulut.
  2. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi akan menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

2. Minyak kayu putih

Mengoleskan minyak kayu putih pada leher dan bagian perut dapat menjadi cara menghilangkan cegukan berkepanjangan. Kandungan minyak atsiri dan sensasi panasnya dapat menghilangkan cegukan.

3. Es batu

Dengan mengusapkan es batu pada tenggorokan Anda secara perlahan-lahan akan membantu saraf menjadi lebih santai sehingga cegukan akan hilang.

4. Gula

Dengan mengulum gula batu atau 1 sendok gula pasir bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan cegukan terus menerus, karena gula bisa merangsang otot diafragma.
Caranya:
Kulum gula selama 5 menit, lalu boleh Anda telan atau keluarkan dari mulut.

5. Menjulurkan lidah

Cara menghilangkan cegukan tanpa minum yaitu dengan menjulurkan lidah. Tujuan menjulurkan lidah untuk merangsang nasofaring dan saraf vagus. Saraf ini mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma

6. Menahan napas

Cara paling umum dan telah banyak diketahui oleh semua orang yaitu dengan menahan napas. Menahan napas diyakini bisa digunakan sebagai cara ampuh menghilangkan cegukan karena hal ini akan menjadikan kadar karbondioksida dalam tubuh bertambah. Caranya adalah: Tahan napas selama anda kuat.

7. Bernapas dengan kantong plastik atau kertas

Bernapas menggunakan kantong plastik atau kertas bertujuan untuk menahan napas agar kadar karbondioksida meningkat. Karena bernapas dengan menggunakan kantong plastik atau kertas, hal ini sebenarnya Anda sedang menghirup lagi karbondioksida yang dikeluarkan. Bernapaslah saja dengan normal seperti biasa tapi dengan menggunakan kantong plastik atau kertas

8. Minum air hangat

Air hangat dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi.
Caranya adalah:

  1. Minumlah air hangat lalu tahan napas dengan posisi tubuh membungkuk selama yang Anda bisa. Kemudian kembalikan posisi tubuh dalam keadaan tegap masih dengan menahan napas.
  2. Baru kemudian masukkan dalam tubuh atau diminum dan bernapas seperti biasa.

9. Mengatur pernapasan

Bernapaslah dengan teratur dan benar. Supaya oksigen dan karbondioksida bisa masuk bergantian ke dalam tubuh dengan kadar yang tepat.
Caranya adalah:
Tarik napas dalam-dalam dan tahan sekuat yang Anda bisa, lalu hembuskan.

10. Menahan napas dengan menekuk kedua lutut

Menahan napas sambil menekuk kedua lutut juga dapat Anda lakukan sebagai cara menghilangkan cegukan.

11. Headstand

Melakukan headstand bertujuan untuk membalikkan tubuh supaya peredaran darah dan oksigen jadi terbalik.

12. Menepuk punggung bagi bayi

Cara-cara diatas tentunya sulit jika diaplikasikan pada si kecil. Untuk itu, cara mengatasi cegukan pada bayi dan balita cukup dengan menggendongnya dalam posisi tegak sambil menepuk-nepuk perlahan bagian punggungya. Dalam seketika bayi akan bersendawa dan cegukannya pun hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *